(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGARUH VARIASI KETEBALAN PADA PLAT PVC TERHADAP KEKUATAN MEKANIK DENGAN PEREKAT MEKANIK


Bantalan rel adalah bagian dari jalan rel yang berfungsi untuk mendukung rel sebagai jalur kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui nilai kekerasan pada material PVC (Polyvinyl Chlorida), mengetahui pengaruh variasi ketebalan lapisan PVC dengan perekat mekanik terhadap kekuatan bengkok secara tranversal dan mengetahui pengaruh variasi ketebalan lapisan PVC dengan perekat mekanik terhadap kekuatan tekan secara transversal. Material yang digunakan yaitu plat PVC yang dipotong dan direkatkan menggunakan perekat mekanik sesuai dengan variasi ketebalan yang diujikan. Perekat mekanik yang digunakan adalah baut dan mur yang diletakkan di sisi ujung pada spesimen PVC. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian kekerasan, pengujian bengkok dan pengujian tekan. Nilai kekerasan yang didapatkan adalah dengan rata-rata sebesar 12,7 HBN. Nilai tegangan bengkok tertinggi terdapat pada spesimen variasi 1 lapisan dengan nilai sebesar 37,04 MPa dan nilai tegangan bengkok terendah terdapat pada spesimen variasi 4 lapisan dengan nilai sebesar 16,01 MPa. Tegangan tekan tertinggi terdapat pada spesimen variasi 1 lapisan dengan nilai sebesar 54,85 MPa dan tegangan tekan terendah terdapat pada spesimen variasi 4 lapisan dengan nilai tekan sebesar 41,09 MPa.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308080012

Keyword