(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kualitas Pelayanan Kopi Ketje Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI)


Kopi Ketje merupakan kedai kopi dengan brand lokal yang mengedepankan produk lokal. Dalam menghadapi persaingan, Kopi Ketje perlu melakukan evaluasi kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di Kopi Ketje, mengetahui prioritas perbaikan terhadap faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen Kopi Ketje, dan usulan perbaikan dalam memenuhi tingkat kepuasan konsumen Kopi Ketje berdasarkan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index (CSI) yang diperoleh sebesar 77,03%. Hasil ini berada dalam kisaran 66% - 80% yang dikategorikan “puas”. Prioritas perbaikan layanan Kopi Ketje terdiri dari atribut tempat Parkir yang sempit, karyawan tidak membersihkan meja dan kursi yang kotor, karyawan tidak peka ketika konsumen mengalami masalah, promo yang menarik, karyawan memberikan saran tempat atau menu yang sesuai dengan konsumen. Usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen yaitu menambah lahan parkir dengan menyewa lahan pihak lain serta menambah petugas parkir, melakukan pelatihan karyawan, meningkatkan inovasi dalam merancang promo seperti melaksanakan program member card dan giveaway serta menciptkan konten promosi yang menarik, merekrut karyawan tambahan sebagai petugas kebersihan serta memfasilitasi peralatan kebersihan yang memadai, menyediakan media yang efektif berupa kotak saran pengaduan atau website pengaduan dan melakukan pengawasan serta pengevaluasi kinerja karyawan secara rutin.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308070170

Keyword