(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perencanaan Geometri Jalan Rel Antara Tarahan Bakauheni


Seiring dengan berkembang nya teknologi serta pertumbuhan populasi penduduk Indonesia yang semakin pesat, maka moda trasportasi darat, laut maupun udara akan semakin banyak dibutuhkan terlebih transportasi darat. Kereta Api merupakan moda transportasi yang diperuntukan membawa penumpang dan barang dalam jumlah yang sedikit ataupun banyak untuk jarak yang jauh. Kereta api adalah salah satu moda yang efisien untuk transportasi darat. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk diusulkan kepada pemerintah setempat untuk melakukan pembangunan jalan rel. Penelitian ini berlokasi di rute Tarahan Bakauheni dengan titik lurus terpendeknya sepanjang 50 km. Data yang akan digunakan pada saat perancangan jalan rel ini yaitu Data Penumpang Pelabuhan Bakauheni, Data muatan batubara, Data Topografi dan data-data pendukung lainnya. Pada tahap data, perencanaan dilakukan dengan menggunakan aturan yang dipakai seperti PM No. 60 tahun 2012, PD 10 dan aturan pendukung lainnya. Pada perancangan ini, kelas jalan rel yang digunakan adalah kelas jalan I dan dengan lebar sepur 1067 mm. Perencanaan Alinyemen Horizontal pada trase mendapatkan 42 tikungan dengan jenis SCS yang setiap lengkung memiliki jari-jari sebesar 850m, peninggian rel 79.023 mm dan panjang lengkung peralihan sebesar 94.828 m. Kelas jalan rel I memiliki landai penentu maksimal 10‰ dan mendapatkan 18 lengkung vertikal dengan radius 8000m. Pada struktur bangunan atas rel menggunakan jenis R60 dengan menggunakan bantalan beton dengan menggunakan penambat elastik ganda yang berjenis Pandrol Fastclip.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308070165

Keyword