(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEBSITE DENGAN QR-CODE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : SMA NEGERI 1 BANDAR)


Perpustakaan SMA Negeri 1 Bandar memiliki fasilitas yang memadai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Saat ini perpustakaan SMA Negeri 1 Bandar sudah melakukan segala kegiatan tugasnya dengan baik, namun disekolah ini masih masih belum memanfaatkan dari perkembangan teknologi informasi yang sedang maraknya pada saat ini. Pihak pengelolahan perpustakaan masih menggunakan sistem yang manual dalam transaksi peminjaman maupun transaksi pengembalian buku paket. Sistem yang digunakan seperti melakukan pencatatan di kertas untuk dibagikan ke salah satu sekretaris pada setiap kelas dan menduplikat untuk data sebagai pertinggalan di buku besar data perpustakaan. Sistem yang manual ini sangat tidak efisien untuk ke masa yang akan datang dikarenakan resiko yang ditanggung akan lebih tinggi. Dengan permasalahan yang dialami penulis memberikan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang telah diuraikan diatas adalah “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Website Dengan QR-Code Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Bandar)”. Metodologi pengembangan yang digunakan pada sistem ini adalah metode waterfall memiliki 5 tahapan yang dapat membantu pembuatan sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna yakni dimulai dari tahapan analisis, tahapan desain, tahapan pengkodean (coding), tahapan pengujian (testing), tahapan pemeliharaan (maintenance). Pengujian berdasarkan kebutuhan fungsionalitas sistem yang dilakukan oleh pihak SMA Negeri 1 Bandar yang menggunakan metode pengujian blackbox testing. Pengujian berdasarkan pengembangan sistem yaitu dengan menggunakan pengujian System Usability Scale (SUS) yang dilakukan oleh pihak pengguna. Pengujian yang dilakukan oleh pihak SMA Negeri 1 Bandar berjumlah 90 responden, baik dari sisi pengguna sebagai 3 responden petugas perpustakaan, 85 responden sebagai siswa, sebagai admin, dan kepala sekolah atau kepala perpustakaan. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan pengisian kuisioner dari pengujian SUS mendapatkan hasil yang telah dihitung berdasarkan perhitungan skor dalam metode SUS mendapatkan hasil skor sebesar 82,472. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat dikategorikan bahwa kriteria metode SUS diatas >80.3 maka kriterianya excellent. Sesuai dengan kategori akseptabilitas dan kriteria sistem, sistem informasi perpustakaan ini dapat diterima dengan kriteria sangat baik bagi pihak SMA Negeri 1 Bandar dan dapat diterapkan di perpustakaan SMA Negeri 1 Bandar. Kata Kunci : Sistem Informasi, Manajemen,Perpustakaan, Waterfall, Blackbox testing, System Usability Scale.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308070025

Keyword