Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PB Swalayan Korpri)
Tingginya tingkat pertumbuhan toko Swalayan membuat persaingan menjadi
semakin ketat. PB Swalayan sebagai objek dari penelitian ini perlu meningkatkan
kualitas layanan untuk memperoleh kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara kualitas layanan
terhadap loyalitas pelanggan dengan mediasi kepuasan pelanggan. Metode yang
digunakan yaitu PLS SEM dengan dimensi Servqual sebagai skala pengukuran
kualitas layanan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuisioner yang
disebar kepada 88 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang
pernah berbelanja di PB Swalayan. Hasil dari penelitian ini adalah seluruh
dimensi Servqual memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap
kepuasan pelanggan. Dimensi responsiveness, reliability, empathy, dan assurance
memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan.
Sedangkan dimensi tangible terbukti tidak memiliki hubungan yang signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan terbukti mampu
memediasi dimensi responsiveness, reliability, empathy, dan assurance terhadap
loyalitas pelanggan. Tetapi Variabel kepuasan pelanggan tidak mampu memediasi
dimensi tangible terhadap loyalitas pelanggan. Saran perbaikan yang dapat
diberikan untuk PB Swalayan adalah mempertegas penerapan SOP 3S, membuat
sarana bagi pelanggan untuk menyampaikan saran dan keluhan, dan membuat
jadwal secara berkala untuk pengecekan harga pada label.
Kata kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308030052
Keyword