(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

MODEL EKSTRAKSI SENTIMEN UNTUK PENILAIAN FITUR PRODUK XIAOMI REDMI NOTE 11 PADA E-COMMERCE SHOPEE: STUDI KASUS XIAOMI OFFICIAL STORE


MODEL EKSTRAKSI SENTIMEN UNTUK PENILAIAN FITUR PRODUK XIAOMI REDMI NOTE 11 PADA E-COMMERCE SHOPEE: STUDI KASUS XIAOMI OFFICIAL STORE Juli Yanto Muldani 119190055 Pembimbing 1: M. Zaky Hadi, S.T.P., M.Si Pembimbing 2: Muhammad Faishal Jundana Muttaqin, S.T., M.T ABSTRAK Shoope merupakan salah satu e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sejak perilisannya, Shoope terus melesat dan mengalahkan pesaing-pesaingnya hingga sekarang menjadi e-commerce yang paling populer dengan pengunjung 129,320 juta per bulan. Ketatnya persaingan di e-commerce, mendorong penjual untuk terus memperbaiki layanan dan produk yang dijual sehingga konsumen merasa puas telah melakukan pembelian di toko tersebut. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menawarkan model untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan toko sekaligus melakukan penilaian terhadap fitur produk yang ditawarkan dalam bentuk analisis sentimen untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari toko Xiaomi Official Store dan produknya dengan melakukan analisis terhadap asosiasi kata. Pendekatan yang digunakan ialah data mining yang memanfaatkan algoritma Naive Bayes untuk melakukan klasifikasi dan apriori untuk melakukan asosiasi kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes dapat melakukan klasifikasi dengan tingkat akurasi 97% persen. Selanjutnya berdasarkan asosiasi kata dari sentimen positif dan sentimen negatif, penulis memberikan beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan. Usulan perbaikan dari penulis dapat diberikan kepada toko Xiaomi Official Store untuk meningkatkan pelayanan toko dan meningkatkan kualitas produk Xiaomi Redmi Note 11. Kata kunci: Shopee, Analisis Sentimen, Xiaomi Official Store, Naïve Bayes.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308030027

Keyword