(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

DINAMIKA KEBIJAKAN SISTEM PPDB ZONASI DAN KEADILAN RUANG DI LOKASI STUDI KABUPATEN LAMPUNG UTARA


Salah satu alasan diimplementasikannya kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi adalah untuk memeratakan kualitas pendidikan dalam rangka menghapuskan “kasta” sekolah favorit dan bukan favorit. Peraturan ini diduga belum berhasil mencapai tujuan tersebut di mana didapatkan isu terbatasnya jarak penerimaan siswa, distribusi SMA Negeri yang belum merata, serta aksesibilitas yang sulit untuk beberapa SMA Negeri. Hal ini menimbulkan hubungan kausalitas dengan kualitas masing-masing sekolah sehingga menimbulkan ketidakadilan ruang. Penelitian ini dilakukan melalui perspektif keruangan dengan tujuan mengidentifikasi dinamika kebijakan zonasi sekolah dan keadilan ruang di lokasi studi. Dilakukan pemetaan titik sekolah dengan jangkauan penerimaan zonasi masing-masing sekolah, juga jangkauannya terhadap permukiman penduduk. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bukti-bukti bias perkotaan akibat infrastruktur lingkungan yang berbeda-beda, sehingga kebijakan zonasi belum sepenuhnya dapat dikatakan adil. Zonasi yang merupakan kebijakan baru kurang mempertimbangkan kondisi lokasi sekolah yang sudah terbangun dan belum sepenuhnya memeratakan kualitas pendidikan masing-masing SMA Negeri di Kabupaten Lampung Utara. Pada penelitian ditemukan bahwa favoritisme tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor ‘kualitas’ masing-masing SMA Negeri namun juga dipengaruhi oleh keamanan lingkungan sekitar dan kemudahan aksesibilitas sekolah.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308030022

Keyword