(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENGGUNAAN NANOMATERIAL ADITIF REDUCED GRAPHENE OXIDE PADA BAHAN BAKAR MINYAK SAWIT YANG MELEWATI MEDAN MAGNET DI SALURAN BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL


Bahan bakar yang berasal dari fosil bukanlah sumber energi berkelanjutan, yang ketersediaannya sangat terbatas. Agar bisa mengurangi dampak buruk pada lingkungan karena ketergantungan pada bahan bakar fosil, maka perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut pada sumber energi yang terbarukan dan ramah lingkungan. Penelitian ini membahas tentang analisis perbandingan unjuk kerja motor diesel berbahan bakar minyak sawit. Namun ada kekurangan pada minyak kelapa sawit ini yang dapat mempengaruhi performa motor bakar, maka dibutuhkannya rekayasa bahan bakar, penambahan aditif Reduced Graphene Oxide dan diberi medan Magnet yang diletakan pada saluran bahan bakar merupakan salah satu caranya untuk mengetahui hasil unjuk kerja mesin dan emisi gas buang. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa bahan bakar campuran MNA 30M dengan nilai persentase kenaikan tertinggi dibandingkan dengan campuran bahan bakar lainnya. Untuk pengaruh terhadap performa motor diesel dengan peningkatan rata-rata nilai daya efektif generator tertinggi sebesar 2,151%, kenaikan nilai torsi tertinggi sebesar 2,151%, kenaikan nilai efisiensi thermal tertinggi sebesar 4,567%, dan kenaikan nilai BMEP tertinggi sebesar 2,151%, untuk pemakaian minimum dihasilkan pada bahan bakar MNA 10M dengan kenaikan nilai sfc sebesar 1,092%.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2308020070

Keyword