(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN MENU DIGITAL RUMAH MAKAN DI BANDAR LAMPUNG DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT


Penelitian mengenai kualitas pelayanan terhadap penggunaan menu digital rumah makan di bandar lampung dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah rumah makan di Bandar Lampung yang dilihat dari tahun 2020-2021. Jumlah rumah makan di Bandar Lampung tahun 2020 adalah sebanyak 792 dan mengalami peningkatan jumlah menjadi 827 pada tahun 2021. Pengusaha rumah makan memerlukan suatu strategi kompetitif yang dapat memastikan bahwa usaha mereka dapat bersaing. Dalam menentukan strategi, perlu dilakukan identifikasi kebutuhan konsumen. Harapannya dengan diketahuinya kebutuhan konsumen, rumah makan dapat memberikan pelayanan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan kebutuhan pelanggan terhadap penggunaan menu digital dengan kode QR dan menentukan rekomendasi menu digital untuk rumah makan di Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Servqual dan QFD. Berdasarkan hasil analisis, kebutuhan terhadap kemudahan akses pemesanan dan pembayaran memiliki nilai persepsi 3,58 dan nilai persepsi sebesar 2,86. Artinya nilai gapnya negatif yaitu sebesar-0.72. atribut tersebut dianalisis dengan QFD sehingga dihasilkan nilai Importance to Customer sebesar 0,04784, nilai Improvement Ratio sebesar 1,25175, nilai Raw Weight sebesar 0,05988 dan nilai Normalized Raw Weight sebesar 0,12536. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, dibuat rekomendasi yaitu pembuatan kode QR menu digital.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307310016

Keyword