(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KONDISI PSIKOSOSIAL MAHASISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA


Kondisi psikososial mahasiswa sangat mempengaruhi hasil pembelajaran hal ini diakibatkan oleh beban belajar yang berlebih . Beban belajar yang menyebabkan gangguan psikososial sehingga menurunkan prestasi mahasiswa sampai pada tindakan mencelakai diri sendiri. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan Smart-PLS dan kuesioner G-From sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Teknik Industri di Institut Teknologi Sumatera tingkat II sampai tingkat akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir. Jumlah sampel 100 responden dengan uji validitas, realibilitas, R-square dan t-Statistik. Menunjukkan bahwa keenam dimensi psikososial berpengaruh signifikan sebesar 5% terhadap hasil pembelajaran mahasiswa dengan kategori kuat untuk nilai R-square. Kata Kunci: Psikososial, Beban Belajar, Hasil Pembelajaran.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307260002

Keyword