(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Pada Kuliner Makanan Arab (Studi Kasus Restoran Ajib Kitchen di Kota Bandar Lampung


Persaingan bisnis yang kompetitif di kota Bandar Lampung khususnya dibidang kuliner mendorong pelaku bisnis kuliner untuk meningkatkan kualitas layanan mereka dengan cara memenuhi kepuasan konsumen. Restoran Ajib Kitchen merupakan salah satu bisnis dibidang kuliner yang menawarkan menu makanan Arab terletak di jl. Urip Sumoharjo, No. 7, Gunung Sulah, Kec. Sukarame, Bandar Lampung. Kepuasan konsumen memiliki peranan yang penting karena merupakan kunci dalam mempertahankan konsumen dan menjaga kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dimensi Skala DinEX terhadap kepuasan konsumen dan peran dimensi word of mouth dalam memediasi keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Pendekatan tersebut diimplementasikan dengan melakukan penyebaran angket kuesioner kepada konsumen Restoran Ajib Kitchen dengan respon jawaban menggunakan skala likert. Sebanyak 110 responden yang digunakan dalam penelitian ini dengan kriteria setidaknya 2 kali mengunjungi restoran Ajib Kitchen dalam satu bulan terakhir. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi penting bagi Restoran Ajib Kitchen dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel kualitas makan, keterhubungan sosial, dan kesehatan makanan tidak memiliki hubungan terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel kualitas layanan dan atmosfer memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307250018

Keyword