(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh Gamifikasi Terhadap Pengalaman Merek dan Niat Membeli Kembali Konsumen Marketplace Shopee dengan Moderasi Konsep 4R


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi unsur-unsur gamifikasi terhadap pengalaman merek, niat membeli kembali serta efek moderasi Konsep 4R terhadap pengalaman merek pengguna marketplace Shopee. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling melalui kuesioner online dengan skala likert 5 poin. Pengolahan data dilakukan pada 85 data hasil tanggapan responden dengan metode Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara gamifikasi ke pengalaman merek baik tanpa maupun dengan moderasi Konsep 4R serta pengalaman merek terhadap niat membeli kembali seluruhnya signifikan positif. Penerapan unsur gamifikasi dengan moderasi Konsep 4R meningkatkan pengalaman merek serta pengalaman merek tersebut meningkatkan niat membeli kembali konsumen. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan unsur gamifikasi mempengaruhi pengalaman merek pengguna marketplace Shopee. Kemudian, Konsep 4R mampu memoderasi hubungan gamifikasi dengan pengalaman merek. Terakhir, pengalaman merek mempengaruhi niat membeli kembali konsumen marketplace Shopee.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307250010

Keyword