(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS KUALITAS TERHADAP KEPUASAN PESERTA BOOTCAMP PRODUCT MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN MODEL KANO DI PT LENTERA BANGSA BENDERANG


Bootcamp product management adalah salah satu program pengembangan skill dan talenta digital yang diajarkan Binar Academy oleh PT Lentera Bangsa Benderang. Program ini menyediakan materi yang relevan dengan kebutuhan industri dan diselenggarakan secara daring dan saat ini sedang berkembang. Ditemukan bahwa ada keluhan mengenai kualitas layanan berdasarkan temuan pra-survei dan wawancara dengan peserta Binar Academy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan saran perbaikan dan pemasangan kepada layanan yang paling prioritas untuk meningkatkan standar layanan tersebut. Penelitian in menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Model Kano. Hasil penelitian ini menemukan pelayanan pada Binar Academy belum memuaskan peserta ditunjukkan dengan sebagian besar nilai gap dari atribut kualitas layanan bernilai negatif yang menunjukkan ekspektasi peserta masih belum terpenuhi oleh pelayanan Binar Academy. Atribut yang memerlukan prioritas tinggi untuk dilakukan perbaikan yaitu atribut 31, yaitu “Memberikan akses aplikasi Binar untuk peserta Studi Independen yang ikut program Binar Academy”. Saran perbaikan untuk atribut 31 adalah dengan integrasi proses belajar pada aplikasi Binar. Beberapa fitur yang dapat ditambahkan antara lain reading materials, group diskusi, evaluation form, pretest, pengumpulan challenge, dan join kelas. Penulis merekomendasikan pemasangan berupa prototype sebagai acuan dalam melakukan revamp.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307100050

Keyword