(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Strategi Pemasaran pada Penjualan Produk Teh Botol Sosro Berbasis Customer Profitability dan Customer Attrition Analytics: Studi Kasus PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Lampung


Perusahaan PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Lampung melakukan kegiatan bisnis berupa memasarkan dan menjualkan produk perusahaan, seperti Teh Botol Sosro yang bertujuan, salah satunya adalah meningkatkan pendapatan penjualan perusahaan. Kegiatan bisnis perusahaan memiliki berkaitan penelitian ini mengenai rancangan strategi pemasaran berbasis customer profitability dan customer attrition analytics. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan ekstraksi pengetahuan untuk mendapatkan pelanggan berpotensi customer profitability dan customer attrition, sehingga penelitian ini dapat menjabarkan rancangan strategi pemasaran dan dashboard predictive analytic. Penelitian ini diperlukan tahap data preparation dan clustering data untuk ekstraksi pengetahuan dengan mengelompokan pelanggan yang menentukan potensi customer profitability dan customer attrition. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik data pada sistem pemasaran perusahaan dapat diekstraksi pengetahuan sebanyak 4 kelompok pelanggan yaitu Stars, High Potential, Need Attrition, dan Leaky Bucket. Hasil clustering data dapat menentukan rancangan strategi pemasaran dengan cara penanganan terhadap pelanggan yang berpotensi customer profitability dan customer attrition. Hasil data penelitian yang telah diintegrasikan melalui dashboard predictive analytic menunjukan bahwa jumlah pelanggan yang berpotensi customer profitability lebih banyak daripada customer attrition.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2307100017

Keyword