Analisis Layanan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera Barat
		
		
		
			Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan pertashop 
terhadap kepuasan pelanggan, mengukur indeks kepuasan pelanggan dan 
menyelidiki masing-masing atribut serta menyumbangkan usulan perbaikan dari 
usaha pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Metode CSI dan IPA 
merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode ini mampu 
mengukur dan menganalisis kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Data 
yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang menjadi 
instrumen penelitian. Jenis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif 
untuk mengukur data informasi kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data 
ditemukan bukti kuantitatif yang menyatakan tiga indikator yang digunakan 
memiliki keterhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini juga 
dilakukan pengujian keterhubungan untuk menyatakan pengaruh dari setiap 
variabel berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, 
ditemukan bahwa kinerja kualitas layanan pertashop pada dimensi reliability, 
responsiveness, dan emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan 
pelanggan pertashop. Hasil CSI menggambarkan bahwa indeks kepuasan 
pelanggan berada pada kriteria kurang puas. Kinerja atribut yang menjadi prioritas 
utama berdasarkan analisis IPA untuk ditingkatkan adalah pada empati yang 
diberikan oleh petugas pertashop. 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306300002 
			Keyword