(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Layanan Kualitas dan Kepuasan Pelanggan Pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera Barat


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja layanan pertashop terhadap kepuasan pelanggan, mengukur indeks kepuasan pelanggan dan menyelidiki masing-masing atribut serta menyumbangkan usulan perbaikan dari usaha pertashop di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Metode CSI dan IPA merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode ini mampu mengukur dan menganalisis kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang menjadi instrumen penelitian. Jenis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk mengukur data informasi kualitatif. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bukti kuantitatif yang menyatakan tiga indikator yang digunakan memiliki keterhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pada penelitian ini juga dilakukan pengujian keterhubungan untuk menyatakan pengaruh dari setiap variabel berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kinerja kualitas layanan pertashop pada dimensi reliability, responsiveness, dan emphaty berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pertashop. Hasil CSI menggambarkan bahwa indeks kepuasan pelanggan berada pada kriteria kurang puas. Kinerja atribut yang menjadi prioritas utama berdasarkan analisis IPA untuk ditingkatkan adalah pada empati yang diberikan oleh petugas pertashop.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306300002

Keyword