(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Komik Strip untuk Mempopulerkan Bahasa Lampung di Kalangan Remaja melalui Media Sosial


Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat menggunakan Bahasa Lampung di kalangan remaja di kota Bandar Lampung yang berpotensi membuat bahasa tersebut punah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mempopulerkan Bahasa Lampung di kalangan remaja melalui media komik strip. Pada penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, melalui 5 proses tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner dengan remaja di kota Bandar Lampung dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, jurnal dan artikel. Data yang telah diperoleh melalui wawancara, selanjutnya diolah menggunakan metode analisis data 5W+1H (What, Who, Where, When, Why, How). Penelitian ini menghasilkan media utama berupa komik strip dan media penunjang yaitu pin, gantungan kunci, kaos, totebag dan stiker digital. Hasil penelitian diujicobakan melalui media sosial Instagram Muwaghei. Kata Kunci: Bahasa Lampung, Komik strip, remaja, media sosial.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306150026

Keyword