(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Museum Lampung Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality (Studi Kasus : Museum Lampung)


Museum Virtual Lampung merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya minat pengunjung terhadap museum Lampung. Dalam penelitian ini, diajukan solusi berupa pengembangan Museum Virtual Interaktif menggunakan Teknologi Mobile Virtual Reality untuk Museum Lampung. Tujuan penelitian ini adalah menciptakan pengalaman yang menarik dan imersif yang dapat meningkatkan minat pengunjung terhadap sejarah dan budaya Lampung.Penelitian ini menggunakan Unity 3D sebagai game engine dan cardboard sebagai Software Development Kit (SDK) untuk membangun Museum Virtual Lampung agar kompatibel dengan smartphone Android. Solusi ini memanfaatkan teknologi realitas virtual untuk memberikan pengalaman unik dan interaktif kepada pengunjung dalam menjelajahi koleksi-koleksi museum.Untuk memastikan fungsionalitas dan kegunaan museum virtual ini, dilakukan pengujian fungsional melalui black box testing dan User Experience (UX) menggunakan metode System Usabilty Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Museum Virtual Lampung berhasil memenuhi semua kriteria yang diuji, dengan tombol-tombol dan mode yang berjalan dengan lancar serta mendapatkan respon positif dari pengguna dengan nilai rata-rata 70 dari hasil uji menggunakan metode SUS. Aplikasi ini efektif dalam menampilkan objek 3D, gambar, dan informasi teks yang relevan, sehingga memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung. Dengan demikian, Museum Virtual Lampung mampu menjadi solusi untuk meningkatkan minat pengunjung terhadap museum. Dalam pengujian fitur, Museum Virtual Lampung terbukti berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman yang memuaskan. Evaluasi pengguna mengonfirmasi bahwa Museum Virtual Lampung sukses meningkatkan keterlibatan pengunjung dan pemahaman mereka terhadap sejarah dan budaya Lampung.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306140008

Keyword