Hubungan Pelayanan Informasi Obat (PIO) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung
Pelayanan Informasi Obat (PIO) adalah kegiatan penyediaan dan pemberian
informasi, rekomendasi obat secara akurat, jelas, terkini dan komprehensif yang
dilakukan oleh tenaga kefarmasian. Kualitas PIO yang terlaksana dapat dilihat
dari kepuasan pasien rawat jalan yang menerima PIO di Instalasi Farmasi Rumah
Sakit Umum Daerah Dr. H Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandar Lampung. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran PIO dan kepuasan pasien rawat
jalan, serta menganalisis hubungan PIO terhadap kepuasan pasien rawat jalan.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental analitik dengan model
pendekatan cross sectional. Pengambilan data pada penelitian ini diambil dari 100
responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Seratus responden yang terlibat
merupakan pasien rawat jalan yang berkunjung ke Instalasi Farmasi RSUDAM
Bandar Lampung. Data yang diperoleh selanjutnya diolah secara univariat dan
bivariat dengan uji chi square menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan PIO di Instalasi Farmasi RSUDAM yakni 59
responden mendapatkan PIO kurang baik (59%), penilaian responden terhadap
kepuasan pada PIO yang diberikan yakni 54 responden merasa tidak puas (54%),
dan hasil uji chi square yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan
yang bermakna antara PIO dengan kepuasan pasien yang ditandai dengan nilai pvalue 0,007 (<0,05).
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306100004
Keyword