(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Hubungan Pelayanan Informasi Obat (PIO) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung


Pelayanan Informasi Obat (PIO) adalah kegiatan penyediaan dan pemberian informasi, rekomendasi obat secara akurat, jelas, terkini dan komprehensif yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian. Kualitas PIO yang terlaksana dapat dilihat dari kepuasan pasien rawat jalan yang menerima PIO di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran PIO dan kepuasan pasien rawat jalan, serta menganalisis hubungan PIO terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental analitik dengan model pendekatan cross sectional. Pengambilan data pada penelitian ini diambil dari 100 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Seratus responden yang terlibat merupakan pasien rawat jalan yang berkunjung ke Instalasi Farmasi RSUDAM Bandar Lampung. Data yang diperoleh selanjutnya diolah secara univariat dan bivariat dengan uji chi square menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PIO di Instalasi Farmasi RSUDAM yakni 59 responden mendapatkan PIO kurang baik (59%), penilaian responden terhadap kepuasan pada PIO yang diberikan yakni 54 responden merasa tidak puas (54%), dan hasil uji chi square yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara PIO dengan kepuasan pasien yang ditandai dengan nilai pvalue 0,007 (<0,05).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306100004

Keyword