(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Dampak Lingkungan dan Sosial Pembangunan Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Seksi Simpang Pematang - Kayu Agung)


Pada dasarnya pembangunan jalan tol direncanakan sebagai salah satu cara untuk terwujudnya pemerataan pembangunan, dalam pembangunan jalan tol akan menimbulkan perubahan lingkungan maupun sosial, baik berdampak buruk ataupun berdampak baik. Berkenaan dengan hal tersebut, dapat dijadikan suatu acuan untuk melakukan penelitian Tugas Akhir yang berjudul “DAMPAK LINGKUNGAN DAN SOSIAL PEMBANGUNAN JALAN TOL TERBANGGI BESAR – KAYU AGUNG (SEKSI 3-4)”. Data yang dibutuhkan pada penelitian kali ini ada 2 yaitu, data primer berupa kuesioner yang disebar kepada 5 kecamatan yang diisi oleh pegawai kantor kecamatan serta Traffic Counting yang didapatkan oleh observasi, adapun data sekunder berupa data jumlah penduduk dan peta. Data yang sudah didapatkan diolah menggunakan metode statistik untuk mendapatkan pembuktian hipotesa. Pembangunan jalan tol ini memberikan perubahan lingkungan seperti peningkatan kebisingan dari kegiatan pengoperasian jalan tol, serta perubahan faktor sosial yaitu peningkatan tingkat lapangan kerja. Lalu didapatkan perbandingan dari besar dampak dari faktor lingkungan serta sosial yang didapatkan dari penelitian kali ini adalah sebesar 55.257% untuk faktor lingkungan serta sisanya untuk faktor lingkungan, atau sebesar 44.743%. Hasil analisis tingkat pelayanan jalan untuk tol dikategorikan menjadi indeks tingkat pelayanan jalan A dan pada jalan lintas dikategorikan menjadi B, maka terjadi perubahan tingkat kemacetan di desa atau wilayah sekitar jalan tol seperti yang ada pada uji parsial serta uji simultan bahwa terjadi perubahan tingkat kemacetan di desa atau wilayah sekitar jalan tol dari kegiatan pengoperasian jalan tol (X1E).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080176

Keyword