(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERSPEKTIF ANAK TERHADAP RUANG (STUDI KASUS: RUANG BERMAIN DI DESA FAJAR BARU KECAMATAN JATI AGUNG)


PERSPEKTIF ANAK TERHADAP RUANG (STUDI KASUS: RUANG BERMAIN DI DESA FAJAR BARU KECAMATAN JATI AGUNG) Doni Adiansyah 119220115 Pembimbing: Lutfi Setianingrum, S.T., M.U.R.P., Dian Prasetyaning Sukmawati, S.T., M.T. ABSTRAK Setiap manusia memiliki hak, tak terkecuali anak-anak. Hak anak-anak diatur jelas dalam UU No. 35 Tahun 2014, dan secara internasional juga tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diakui secara internasional. Salah satu bentuk hak anak adalah hak berpendapat dan hak atas ruang mereka untuk berkreatifitas mengekspresikan diri mereka secara bebas. Hak anak atas ruang cenderung dianggap telah dipenuhi dari sudut pandang manusia dewasa tanpa melihat dari sudut pandang anak-anak secara langsung. Kecenderungan tersebut memunculkan masalah dimana anak-anak tidak memiliki ruang sesuai dengan yang mereka inginkan atas hak mereka. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan sudut pandang anak-anak secara langsung terhadap ruang, untuk dapat melihat apakah hak anak-anak atas ruangnya telah terpenuhi dari sudut pandang anak-anak tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metodologi penelitian induktif kualitatif dan melalui pendekatan naturalistik. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induksi empirikal dan induksi intensional. Dari penelitian ini, didapatkan konsep terbentuknya perspektif anak-anak terhadap ruang, yaitu: Sudut Pandang Anak-Anak Terhadap Ruang Dipengaruhi Oleh Ketersediaan Ruang Untuk Anak-Anak, Interaksi Sosial Anak-Anak Dan Permainan Yang Disukai Anak-Anak. Kata Kunci: Perspektif Anak, Hak Anak, Induksi, Ruang

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080108

Keyword