(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Evaluasi Usability pada Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Metode Usability Testing dan Kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE)


Jakarta Kini (JAKI) merupakan aplikasi pelayanan masyarakat serta pusat informasi warga yang sedang berada di Jakarta dalam memenuhi kebutuhan seharihari. Hasil ulasan oleh user aplikasi JAKI tidak hanya menyebutkan bug di sistem aplikasi JAKI, tetapi juga menyebutkan pada masalah tampilan, kesulitan memahami fitur aplikasi, serta terjadi error ketika menggunakan aplikasi JAKI. Berdasarkan permasalahan dari aplikasi JAKI yang sesuai dengan masalah usability, maka penelitian ini melakukan evaluasi usability pada aplikasi JAKI. Tahapan dari pelaksanaan penelitian ini adalah evaluasi usability pada aplikasi JAKI eksisting, pembuatan rekomendasi perbaikan, dan evaluasi hasil rekomendasi perbaikan serta dibandingkan aplikasi JAKI eksisting. Metode yang digunakan untuk evaluasi usability pada aplikasi JAKI adalah usability testing serta kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE). Usability testing serta pemberian kuesioner USE dilakukan pada 20 user yang terdiri atas user pemula dan user expert. Hasil dari evaluasi usability testing aplikasi JAKI eksisting memperoleh bahwa terdapat 5 permasalahan usability, khususnya pada halaman login dan halaman utama aplikasi JAKI. Hasil dari rata-rata dimensi kuesioner USE dari user pemula memperoleh nilai sebesar 4,65 dan user expert sebesar 5,68. Pembuatan rekomendasi perbaikan dilakukan pada halaman login dan halaman utama aplikasi JAKI. Hasil usability testing dan pemberian kuesioner USE dari rekomendasi perbaikan aplikasi JAKI memberikan peningkatan, maka pembuatan rekomendasi perbaikan dapat meningkatkan prinsip usability dari aplikasi JAKI. Kata Kunci: usability, usability testing, kuesioner USE, Jakarta Kini

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080081

Keyword