(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Branding Wilayah Panjang Bandar Lampung Sebagai Penyedia Oleh-Oleh Khas Lampung


Kecamatan Panjang sebagai salah satu wilayah di Bandar Lampung mendukung ekonomi dengan bergerak dalam penjualan oleh-oleh khas Lampung. Namun, Panjang sebagai penyedia oleh-oleh belum memiliki branding yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan beberapa dampak diantaranya adalah penutupan gerai-gerai toko penjual oleh-oleh di wilayah tersebut. Maka dari itu, dibuatlah perancangan branding wilayah Panjang sebagai penyedia oleh-oleh khas Lampung. Dalam proses perancangan, metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Adapun data primer diperoleh melalui pengambilan data ke lapangan dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka atau literatur terkait. Perancangan branding wilayah Panjang sebagai penyedia oleh-oleh khas Lampung dikemas dalam bentuk kegiatan promosi berbasis digital. Proses promosi berfokus pada penyebaran informasi toko oleh-oleh di wilayah Panjang yang masih beroperasi dalam bentuk konten video dan poster digital. Perancangan branding wilayah Panjang sebagai penyedia oleh-oleh khas Lampung dinilai berhasil dan cukup efisien ditinjau dari data yang dipeoleh setelah melakukan aktivasi dan evaluasi dengan meninjau hasil jangkauan dan interaksi dari kegiatan program promosi berbasis digital. Kata kunci: Branding, Kecamatan Panjang, Oleh-oleh

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080029

Keyword