(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERANCANGAN ARTBOOK SENJATA TRADISIONAL LAMPUNG SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN KEMBALI KEBUDAYAAN KEPADA GENERASI MUDA


PERANCANGAN ARTBOOK SENJATA TRADISIONAL LAMPUNG SEBAGAI MEDIA MEMPERKENALKAN KEMBALI KEBUDAYAAN KEPADA GENERASI MUDA Mush’ab Nawfal Abdullah 119380026 Namuri Migotuwio, S.Sn., M.Sn, Nufikha Ulfah, M.Pd ABSTRAK Perancangan Artbook ini bertujuan sebagai pedoman atau referensi dalam pembuatan game dengan menambahkan elemen kebudayaan kedalamnya. Karena permasalahan dari perancangan ini berawal dari anak muda yang sudah mulai lupa dengan kebudayaan yang terdapat di Lampung seperti senjata dan pakaian adat, informasi yang mereka dapatkan tentang kebudayaan tersebut masih kurang. Serta kebudayaan asing yang sudah mulai masuk kedalam kehidupan masyarakat dalam bentuk film maupun game tentu saja akan lebih menarik bagi anak muda untuk mempelajarinya. Maka dari itu perancangan ini dibuat agar anak muda dapat mempelajari kebudayaan dengan lebih menarik. Metode perancangan yang digunakan yaitu menggunakan studi pustaka dan studi dokumentasi. Studi pustaka yaitu penulis mencari data melalui kajian pustaka yang relevan dengan permasalahan yang akan diangkat dalam perancangan ini. Sedangkan studi dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumen yang relevan dengan masalah yang akan diteliti, dokumen yang akan digunakan penulis sebagai bahan data informasi ialah menggunakan foto atau gambar yang berkaitan tentang kebudayaan yang terdapat di Lampung. Artbook merupakan hasil akhir atau media utama dari perancangan ini, yang berisikan senjata adat yang sudah di stilasi atau ubah bentuknya tetapi masih memiliki corak atau ciri dari kebudayaan yang asli. Diharapkan perancangan ini dapat menaikan minat anak muda untuk mempelajari kebudayaan yang ada di Lampung. Kata kunci: Kebudayaan, Concept Art, Game, Anak muda

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080015

Keyword