(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Branding Kawasan Gunung Rajabasa Jalur Pendakian Sumur Kumbang sebagai Pengembangan Potensi Wisata Alam


Perancangan Branding Kawasan Gunung Rajabasa Jalur Pendakian Sumur Kumbang sebagai Pengembangan Potensi Wisata Alam Adetia Prambudi 119380007 Muhammad Hajid An Nur, S.Ds., M.Ds.,, Reza Pustika, M. Pd. ABSTRAK Gunung Rajabasa memiliki banyak potensi wisata alam seperti pemandangan yang indah, akses teropong kota, sumber mata air dan portal akar hati. Dalam pengelolaannya, Gunung Rajabasa belum maksimal dalam mempromosikan potensi dan keunggulannya ke pada publik. Perancangan ini memiliki tujuan seperti; meningkatkan pemahaman informasi, arahan, pantangan, dan kontak darurat bagi para pendaki Gunung Rajabasa melalui karya desain komunikasi visual, dan menentukan media yang tepat untuk mempromosikan Gunung Rajabasa sesuai Target Audience. Dengan menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, metode SWOT untuk analisis data, dan metode stanford bootleg design thinking sebagai metode perancangan. Strategi kreatif diposisikan sebagai jembatan antara gagasan dan tujuan. Dalam relevansinya, pesan dimuat dalam wujud verbal dan visual tentang Gunung Rajabasa yang memuat informasi mengenai eksistensi dan potensinya. Selain informasi secara nyata atau konkrit, pesan verbal juga dimaksudkan untuk menarik rasa penasaran khalayak melalui teknik story-telling¬. Selain itu, pesan verbal juga disampaikan melalui visual yang memuat elemen-elemen desain yang diangkat dari wujud fisik Gunung Rajabasa sebagai bagian dari referensi. Narasi story-telling dituangkan dalam media komunikasi seperti buku saku yang berbentuk cetak yang dapat dibawa pendaki selama pendakian. Buk¬u saku memuat informasi mengenai pendakia¬¬n dan Gunung Rajabasa. Selain itu, terdapat beberapa media lain seperti banner, konten media sosial, dan merchandise. Kata kunci: Branding, Gunung Rajabasa, Wisata alam

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306080012

Keyword