(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERANCANGAN VISUAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DARI KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DI KABUPATEN PRINGSEWU


Pekon Tulungagung merupakan desa yang berada di Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu yang dikenal sebagai desa pengrajin anyaman bambu. Pada desa ini tidak terdapat identitas visual ataupun branding terkait dengan kerajinan anyaman bambu. Kegiatan promosi dari kerajinan anyaman bambu di desa ini tidak pernah dilakukan, sehingga masyarakat di luar desa tersebut hanya mengetahui informasinya dari mulut ke mulut. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan identitas visual yang merepresentasikan kerajinan anyaman bambu di Lampung melalui logo. Selain itu, dengan adanya identitas ini diharapkan dapat meningkatkan citra dari Pringsewu sebagai produsen dari kerajinan anyaman bambu serta dapat meningkatkan brand awareness kerajinan anyaman bambu di mata wisatawan sehingga diharapkan dapat memengaruhi keinginan wisatawan untuk mengunjungi Pringsewu. Pada perancangan ini digunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara serta studi literatur yang menjadi acuan terhadap konsep visual branding. Pada perancangan ini juga digunakan metode perancangan the branding process dengan metode analisa AIDA dan SWOT yang kemudian dihasilkan strategi kreatif branding Kabupaten Pringsewu sebagai “Produsen Anyaman Bambu” dengan gagasan branding kawasan yang diterjemahkan ke dalam logo dan tagline yang kemudian identitas visual “Pringsewu: Produsen Anyaman Bambu” ini diterapkan dalam berbagai media, seperti poster, spanduk, peta, sign system, konten media sosial dan merchandise.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306070115

Keyword