(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN DAN KAITANNYA DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PENGGUNA ANGKUTAN UMUM (STUDI KASUS: DKI JAKARTA)


DKI Jakarta merupakan kota yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi yang menyebabkan kemacetan di jalan, yang akan mempengaruhi tingkat subjective well being masyarakatnya. untuk itu pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan solusi dengan banyaknya opsi angkutan umum yang salah satunya adalah BRT Transjakarta. Agar masyarakat ingin menggunakan BRT Transjakarta perlunya kualitas pelayanan angkutan umum yang baik. untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Hubungan dan Model kualitas pelayanan angkutan umum yang berimplikasi dengan Subjective well-being masyarakat perkotaan DKI Jakarta dengan metode analisis Structural Equation Medeling (SEM). Contoh dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepuasan pengguna berpengaruh positif dengan Kualitas Keamanan dan Pelayanan Pelanggan, dan berpengaruh negatif terhadap Kecukupan Layanan dan Bahan Informasi. Adapun hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan rekomendasi dalam peningkatan kualitas subjective well-being pengguna BRT Transjakarta.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306070098

Keyword