(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Implementasi Teknologi Qr Code untuk Pemesanan dan Pembayaran pada Coffee Shop di Bandar Lampung Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA


Perkembangan era digital saat ini, kemudahan akses adalah salah satu faktor penting dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Implementasi QR code ini dirancang untuk pemesanan makanan dan minuman kemudian dilakukan pembayaran menggunakan scan QR code. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan pelanggan dengan mempermudah proses pemesanan dan pembayaran di coffee shop di Bandar Lampung. Implementasi tersebut didesain dengan menerapkan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Servqual digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dan IPA digunakan untuk menentukan atribut yang akan menjadi prioritas utama. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan di coffee shop Bandar Lampung belum mencapai harapan pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai gap Servqual yang negatif. Terdapat tiga atribut yang menjadi prioritas utama perbaikan berdasarkan metode IPA yaitu atribut A2 (akses wifi coffee shop lancar), B2 (kemudahan akses dalam pemesanan dan pembayaran di coffee shop), E4 (pembayaran dan prosedur pemesanan di coffee shop mengikuti perkembangan zaman). Saran perbaikan atribut A2 dengan menambah kecepatan wifi hingga 125 Mbps. Saran instalasi perbaikan untuk atribut B2 dan E4 dengan implementasi QR code untuk pemesanan dan pembayaran serta pemberian SOP pelayanan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306070088

Keyword