Implementasi Teknologi Qr Code untuk Pemesanan dan Pembayaran pada Coffee Shop di Bandar Lampung Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA
Perkembangan era digital saat ini, kemudahan akses adalah salah satu faktor
penting dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Implementasi QR code ini
dirancang untuk pemesanan makanan dan minuman kemudian dilakukan
pembayaran menggunakan scan QR code. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan pelanggan dengan mempermudah
proses pemesanan dan pembayaran di coffee shop di Bandar Lampung.
Implementasi tersebut didesain dengan menerapkan metode Service Quality
(Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Servqual digunakan untuk
mengukur kualitas pelayanan dan IPA digunakan untuk menentukan atribut yang
akan menjadi prioritas utama. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa
kualitas pelayanan di coffee shop Bandar Lampung belum mencapai harapan
pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai gap Servqual yang negatif. Terdapat tiga
atribut yang menjadi prioritas utama perbaikan berdasarkan metode IPA yaitu
atribut A2 (akses wifi coffee shop lancar), B2 (kemudahan akses dalam pemesanan
dan pembayaran di coffee shop), E4 (pembayaran dan prosedur pemesanan di coffee
shop mengikuti perkembangan zaman). Saran perbaikan atribut A2 dengan
menambah kecepatan wifi hingga 125 Mbps. Saran instalasi perbaikan untuk atribut
B2 dan E4 dengan implementasi QR code untuk pemesanan dan pembayaran serta
pemberian SOP pelayanan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306070088
Keyword