(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Dampak Regional Branding Kemilau Pesawaran Terhadap Pengembangan Pariwisata Kabupaten Pesawaran


Regional Branding merupakan sebuah bentuk promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan pariwisata dengan menggunakan sebuah identitas yang menjadi ciri khas agar mudah untuk diingat dan dikenal. Adanya regional branding dapat memberikan dampak terhadap pengembangan suatu wilayah, namun penelitian tentang adanya dampak dari sebuah regional branding terhadap pengembangan wilayah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak regional branding Kemilau Pesawaran terhadap pengembangan Pariwisata Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya regional branding Kemilau Pesawaran yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran memberikan dampak terhadap pengembangan pariwisata seiring dengan adanya peningkatan jumlah pengunjung. Pengembangan pada Pantai Mutun yang terjadi dengan adanya regional branding Kemilau Pesawaran adalah pada attraction yaitu penambahan beberapa wahana air sebagai pendukung wisata alami Pantai Mutun yang merupakan sebuah pantai dengan keindahan laut. Pada amenities terdapat penambahan musholla sebagai sarana peribadatan, pembuatan tempat penginapan tidak permanen yaitu tenda-tenda camping dan penambahan jumlah toilet umum yang ada serta pada accesibilitas terdapat perbaikan kondisi jalan masuk menuju lokasi Pantai Mutun.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306070079

Keyword