(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PELAYANAN ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN DAN KAITANNYA DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PENGGUNA ANGKUTAN UMUM STUDI KASUS: KOTA PADANG


Kualitas pelayanan angkutan umum menjadi salah satu dimensi transportasi yang saat ini sering kali diukur dengan dimensi psikologis yaitu subjective well-being. Dalam konteks perencanaan transportasi juga mengukur kesejahteraan masyarakat perkotaan dari kegiatan yang dilakukan secara menerus. Pada penggunaan angkutan umum di Kota Padang diikuti dengan kompleksitas kegiatan, guna menunjang kegiatan tersebut diperlukan adanya perjalanan dan pembantu moda berupa angkutan umum yakni Bus Trans Padang. Keterukuran penelitian ini guna “Mengidentifikasi Hubungan dan Model Kualitas Pelayanan Angkutan Umum terhadap Subjective Well-Being Pengguna Angkutan Umum Masyarakat Perkotaan Kota Padang”. Mendudukkan metode analisis menjadi 2 (dua) sub yakni kualitatif dengan menggunakan analisis pengkodingan serta analisis kuantitatif yang terukur dengan menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil pengidentifikasian pada penelitian ini adalah terumusnya 5 sub variabel baru yang terbaharukan dengan menggunakan pengkodingan induktif dan 31 sub variabel pengkodingan deduktif. Kuantitatif SEM pada studi kasus Kota Padang sendiri memiliki 5 sub variabel prioritas diantaranya adalah ER1, PP2, ER3, KL4 dan PP1 sub variabel prioritas ini merupakan pendekatan pada nilai regresiion weights yang mendektai angka 1. Identifikasi nilai uji dan goodnes of fit didapatkan setelah dilakukannya uji penghubungan sub variabel dengan hasil uji model diantaranya adalah pelayanan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap data tarik, efisiensi rute berpengaruh negatif dan signifikan terhadap data tarik serta kecukupan layanan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap daya tarik yang dapat diterima. Kemudian kepuasan penumpang berpengaruh positif namun tidak signifikan yang artinya ditolak. Identifikasi nilai kualitas pelayanan ini dapat mengukur kaitannya dengan indeks kesejahteraan masyarakat pengguna Bus Trans Padang dan menjadi benchamark pengkajian serta analisis lanjutan yang lebih kompleks.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306060196

Keyword