Pengembangan Sistem Informasi Rencana Anggaran Belanja UPT Lab Terpadu Dengan Metode Modified Waterfall
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi rencana
anggaran belanja untuk UPT Lab Terpadu menggunakan metode Modified Waterfall.
Sistem informasi dapat membantu UPT Lab Terpadu dalam mengelola rekapitulasi
rencana anggaran belanja mereka secara efisien dan mudah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak dengan metode Modified
Waterfall. Tahap-tahap pengembangan meliputi analisis kebutuhan, perancangan
sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah
sebuah sistem informasi rencana anggaran belanja yang dapat mempercepat
rekapitulasi rencana anggaran belanja dan mudah digunakan. Sistem ini menyediakan
fitur-fitur seperti input rencana anggaran belanja, pengelolaan master data barang, data
anggaran, dan rekapitulasi paket rencana anggaran belanja. Validasi sistem dilakukan
melalui uji coba dengan dua pengujian yaitu blackbox dan usability testing. Hasil uji
coba menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat membantu
pengguna dalam mengelola rekapitulasi paket rencana anggaran belanja dengan lebih
efisien dan mudah. Dengan adanya sistem informasi ini, UPT Lab Terpadu dapat
mengurangi kesalahan penginputan data, dan mempercepat proses
pengekategorisasian rekapitulasi paket rencana anggaran belanja.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306060034
Keyword