(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengembangan Sistem Informasi Rencana Anggaran Belanja UPT Lab Terpadu Dengan Metode Modified Waterfall


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi rencana anggaran belanja untuk UPT Lab Terpadu menggunakan metode Modified Waterfall. Sistem informasi dapat membantu UPT Lab Terpadu dalam mengelola rekapitulasi rencana anggaran belanja mereka secara efisien dan mudah. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak dengan metode Modified Waterfall. Tahap-tahap pengembangan meliputi analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi rencana anggaran belanja yang dapat mempercepat rekapitulasi rencana anggaran belanja dan mudah digunakan. Sistem ini menyediakan fitur-fitur seperti input rencana anggaran belanja, pengelolaan master data barang, data anggaran, dan rekapitulasi paket rencana anggaran belanja. Validasi sistem dilakukan melalui uji coba dengan dua pengujian yaitu blackbox dan usability testing. Hasil uji coba menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan dapat membantu pengguna dalam mengelola rekapitulasi paket rencana anggaran belanja dengan lebih efisien dan mudah. Dengan adanya sistem informasi ini, UPT Lab Terpadu dapat mengurangi kesalahan penginputan data, dan mempercepat proses pengekategorisasian rekapitulasi paket rencana anggaran belanja.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306060034

Keyword