(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Teknis dan Ekonomis Penggunaan Kapal Keruk pada Pekerjaan Pengerukan Pelabuhan Patimban


Pelabuhan Patimban merupakan pelabuhan yang berlokasi di desa Patimban, kota Subang, provinsi Jawa Barat yang direncanakan menjadi pesaing pelabuhan Tanjung Priok tentunya dengan fasilitas yang memadai serta diharapkan mampu dalam pemaksimalan ekonomi daerah. Diperlukan perencanaan alur dan juga kolam pelabuhan untuk menangani lalu lintas kapal secara optimal pada pelabuhan Patimban. Dalam perencanaan alur pelayaran serta kolam pelabuhan diperlukan data karakteristik, dimensi kapal, dan juga kedalaman air. Penelitian tugas akhir ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan secara ekonomis maupun secara teknis penggunaan kapal keruk yang lebih efektif digunakan dalam pekerjaan pengerukan pelabuhan Patimban. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa secara teknis dan ekonomis pekerjaan pengerukan menggunakan tiga kapal keruk TSHD dengan kapasitas hopper 4000 m3 lebih efektif. Produktivitas kapal keruk dihitung dengan mengacu pada buku Dredging: A Handbook for Engineers (Bray 1996), Biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pengerukan dengan satu kapal keruk yaitu sebesar Rp995.65.785.800,00 dengan durasi pekerjaan selama 8 tahun. Sedangkan pekerjaan pengerukan dengan tiga kapal keruk membutuhkan biaya sebesar Rp2.105.411.235.600,00 dengan durasi pekerjaan selama 2,6 tahun. Selain itu terdapat peningkatan jenis draft kapal yang dapat memasuki area pelabuhan sesuai dengan perbedaan tingkat kedalaman pengerukan yaitu, pada kedalaman - 9mLWS kapal dengan draft 7,90 m sudah dapat memasuki pelabuhan, pada kedalaman -13mLWS kapal dengan draft 11,4 m sudah dapat memasuki pelabuhan, dan pada kedalaman -17mLWS kapal dengan draft 15 m sudah dapat memasuki pelabuhan. Kata Kunci: Pengerukan, Pelabuhan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050100

Keyword