(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS TEGANGAN PADA SISTEM TAMBAT KAPAL VERY LARGE CRUDE CARRIERS (VLCC) UNTUK PEMBANGKIT OCEAN THERMAL ENERGY CONVERSION (OTEC) TERAPUNG


Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC) merupakan energi terbarukan dimana proses dari sistemnya menggunakan perbedaan suhu antara suhu permukaan dan suhu perairan dalam yang dingin. Dalam pengoperasian secara besar membutuhkan sejumlah besar permukaan perairan laut dengan perbedaan suhu 20° dengan kedalaman 600-1000m melalui Cold Water Pipe (CWP), akan tetapi karakteristik hidrodinamika utama pada OTEC CWP, adalah adanya getaran yang terinduksi oleh aliran yang besar dari dalam. Studi pendahulu telah membuktikan permasalahan tersebut secara eksperimental dan analitis bahwa aliran secara internal dapat menyebabkan ketidakstabilan serta diperlukannya analisis stablitas kapal sebagai peralihan untuk pembangkit OTEC terapung. Analisis pengaruh respon gerakan ketika free floating dan ditambatkan dengan menggunakan software MOSES dan Orcaflex. Analisis tegangan pada mooring system juga perlu dilakukan analisis khususnya dengan kondisi Ultimate Limit State (ULS) dan Accidental Limit State (ALS) agar dapat mengetahui kemampuan / kapasitas dari Mooring System. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan untuk respon gerakan kondisi free floating memiliki nilai relatif lebih besar dibandingkan ketika pada saat ditambatkan, dengan kondisi ULS dan ALS pada variasi heading 0°, 90° dan 135°. Nilai tertinggi untuk kondisi ULS masing-masing pada heading 0° pada line 1, heading 90° pada line 9, heading 135° pada line 9 dimana masing-masing line memiliki nilai safety factor yang lebih besar dari batas yang diijinkan pada rules API 2RP SK yaitu sebesar 7.966, 5.572, dan 5.806. sedangkan nilai tertinggi untuk kondisi ALS masing-masing pada heading 0° pada line 2, heading 90° pada line 8, heading 135° pada line 8 dimana masing-masing line memiliki nilai safety factor yang lebih besar dari batas yang diijinkan pada rules API 2RP SK yaitu sebesar 7.642, 5.8, dan 5.358.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050085

Keyword