(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Struktur Dermaga Terminal Petikemas Kijing, Mempawah Kalimantan Barat


Pelabuhan merupakan sebuah daerah tertentu yang terdiri atas wilayah daratan dan lautan yang dibatasi oleh batas-batas tertentu. Pelabuhan digunakan sebagai tempat berlabuh atau bersandarnya kapal yang membawa muatan tertentu baik barang maupaun orang. Pelabuhan melayani banyak kegiatan antarmoda barang ataupun orang salah satu nya adalah layanan jasa angkut barang muatan besar yang diangkut didalam kotak besi berukuran besar yang disebut peti kemas. Peti kemas dapat mengangkut barang dalam jumlah banyak dan besar pelabuhan yang melayani angkutan peti kemas biasanya memiliki terminal khusus pelayanan peti kemas. Terminal peti kemas adalah bagian dari pelabuhan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk angkutan barang baik tujuan ekspor maupun impor yang dikemas didalam peti kemas. Terminal Kijing yang berada di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat merupakan bagian dari Pelabuhan Pontianak yang difungsikan sebagai terminal tambahan disebabkan oleh tidak dimungkinkannya lagi Pelabuhan Pontianak yang berada di hilir sungai Mahakam untuk dikembangkan lebih besar lagi. Terminal Kijing terdiri atas beberapa bagian terminal salah satunya adalah terminal peti kemas yang akan dibahas pada tugas akhir kali ini. Terminal Petikemas Kijing direncanakan akan mampu menampung petikemas hingga 1.950.000 TEUs/tahun dan diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi untuk wilayah sekitar Kabupaten Mempawah, terminal ini juga dirancang agar mampu melayani kapal hingga bobot maksimal 50.000 DWT untuk ukuran kapal kargo peti kemas Dalam penelitian ini akan membahas desain struktur dermaga berdasarkan kriteria-kriteria desain yang digunakan dan menjadi syarat perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan dan kondisi eksisting dari lokasi studi. Tugas akhir ini akan mencakup pengolahan data lingkungan, perhitungan dimensi struktur, perhitungan beban pada dermaga, daya dukung tanah, pemodelan dan desain penulangan struktur. Pemodelan akan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak analisis struktur SAP2000 untuk mengetahui keandalan strutur terhadap beban-beban yang bekerja pada struktur. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio (UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat serta reaksi perletakan. Perencanaan struktur dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal dan handal sebagai acuna nilai UCR yang didapatkan tidak boleh melebih batas izin yaitu 1,0 dan pemeriksaan rasio pada tulangan balok dan pelat untuk menentukan luas penampang yang optimal struktur, dan juga memeriksa nilai defleksi yang menjadi aspek bahwa struktur mampu melayani beban-beban yang terjadi dengan nilai batasnya adalah dibawah batas izin. Keluaran akhir dari Tugas Akhir ini adalah rancangan dermaga yang mencakup dimensi struktur dan dimensi elemen-elemen strukturalnya, rincian penulangan berdasarkan gaya-gaya dalam yang bekerja, serta kedalaman rencana tiang pancang yang mampu menahan reaksi perletakan struktur berdasarkan daya dukung tanah dari data geoteknik yang didapatkan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050067

Keyword