Perancangan Struktur Dermaga Terminal Petikemas Kijing, Mempawah Kalimantan Barat
Pelabuhan merupakan sebuah daerah tertentu yang terdiri atas wilayah
daratan dan lautan yang dibatasi oleh batas-batas tertentu. Pelabuhan
digunakan sebagai tempat berlabuh atau bersandarnya kapal yang membawa
muatan tertentu baik barang maupaun orang. Pelabuhan melayani banyak
kegiatan antarmoda barang ataupun orang salah satu nya adalah layanan jasa
angkut barang muatan besar yang diangkut didalam kotak besi berukuran
besar yang disebut peti kemas. Peti kemas dapat mengangkut barang dalam
jumlah banyak dan besar pelabuhan yang melayani angkutan peti kemas
biasanya memiliki terminal khusus pelayanan peti kemas. Terminal peti
kemas adalah bagian dari pelabuhan yang dilengkapi dengan sarana dan
prasarana untuk angkutan barang baik tujuan ekspor maupun impor yang
dikemas didalam peti kemas. Terminal Kijing yang berada di Kabupaten
Mempawah Kalimantan Barat merupakan bagian dari Pelabuhan Pontianak
yang difungsikan sebagai terminal tambahan disebabkan oleh tidak
dimungkinkannya lagi Pelabuhan Pontianak yang berada di hilir sungai
Mahakam untuk dikembangkan lebih besar lagi. Terminal Kijing terdiri atas
beberapa bagian terminal salah satunya adalah terminal peti kemas yang akan
dibahas pada tugas akhir kali ini. Terminal Petikemas Kijing direncanakan
akan mampu menampung petikemas hingga 1.950.000 TEUs/tahun dan
diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi untuk wilayah sekitar
Kabupaten Mempawah, terminal ini juga dirancang agar mampu melayani
kapal hingga bobot maksimal 50.000 DWT untuk ukuran kapal kargo peti kemas
Dalam penelitian ini akan membahas desain struktur dermaga
berdasarkan kriteria-kriteria desain yang digunakan dan menjadi syarat
perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan dan
kondisi eksisting dari lokasi studi. Tugas akhir ini akan mencakup pengolahan
data lingkungan, perhitungan dimensi struktur, perhitungan beban pada
dermaga, daya dukung tanah, pemodelan dan desain penulangan struktur.
Pemodelan akan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak analisis
struktur SAP2000 untuk mengetahui keandalan strutur terhadap beban-beban
yang bekerja pada struktur. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio
(UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat serta reaksi perletakan.
Perencanaan struktur dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal dan
handal sebagai acuna nilai UCR yang didapatkan tidak boleh melebih batas
izin yaitu 1,0 dan pemeriksaan rasio pada tulangan balok dan pelat untuk
menentukan luas penampang yang optimal struktur, dan juga memeriksa nilai
defleksi yang menjadi aspek bahwa struktur mampu melayani beban-beban
yang terjadi dengan nilai batasnya adalah dibawah batas izin.
Keluaran akhir dari Tugas Akhir ini adalah rancangan dermaga yang
mencakup dimensi struktur dan dimensi elemen-elemen strukturalnya, rincian
penulangan berdasarkan gaya-gaya dalam yang bekerja, serta kedalaman
rencana tiang pancang yang mampu menahan reaksi perletakan struktur
berdasarkan daya dukung tanah dari data geoteknik yang didapatkan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050067
Keyword