Perancangan Struktur Dermaga Terminal Petikemas Kijing, Mempawah Kalimantan Barat
		
		
		
			Pelabuhan merupakan sebuah daerah tertentu yang terdiri atas wilayah 
daratan dan lautan yang dibatasi oleh batas-batas tertentu. Pelabuhan 
digunakan sebagai tempat berlabuh atau bersandarnya kapal yang membawa 
muatan tertentu baik barang maupaun orang. Pelabuhan melayani banyak 
kegiatan antarmoda barang ataupun orang salah satu nya adalah layanan jasa 
angkut barang muatan besar yang diangkut didalam kotak besi berukuran 
besar yang disebut peti kemas. Peti kemas dapat mengangkut barang dalam 
jumlah banyak dan besar pelabuhan yang melayani angkutan peti kemas 
biasanya memiliki terminal khusus pelayanan peti kemas. Terminal peti 
kemas adalah bagian dari pelabuhan yang dilengkapi dengan sarana dan 
prasarana untuk angkutan barang baik tujuan ekspor maupun impor yang 
dikemas didalam peti kemas. Terminal Kijing yang berada di Kabupaten 
Mempawah Kalimantan Barat merupakan bagian dari Pelabuhan Pontianak 
yang difungsikan sebagai terminal tambahan disebabkan oleh tidak 
dimungkinkannya lagi Pelabuhan Pontianak yang berada di hilir sungai 
Mahakam untuk dikembangkan lebih besar lagi. Terminal Kijing terdiri atas 
beberapa bagian terminal salah satunya adalah terminal peti kemas yang akan 
dibahas pada tugas akhir kali ini. Terminal Petikemas Kijing direncanakan 
akan mampu menampung petikemas hingga 1.950.000 TEUs/tahun dan 
diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi untuk wilayah sekitar 
Kabupaten Mempawah, terminal ini juga dirancang agar mampu melayani 
kapal hingga bobot maksimal 50.000 DWT untuk ukuran kapal kargo peti kemas
Dalam penelitian ini akan membahas desain struktur dermaga 
berdasarkan kriteria-kriteria desain yang digunakan dan menjadi syarat 
perencanaan struktur dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan dan 
kondisi eksisting dari lokasi studi. Tugas akhir ini akan mencakup pengolahan 
data lingkungan, perhitungan dimensi struktur, perhitungan beban pada 
dermaga, daya dukung tanah, pemodelan dan desain penulangan struktur.
Pemodelan akan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak analisis 
struktur SAP2000 untuk mengetahui keandalan strutur terhadap beban-beban 
yang bekerja pada struktur. Hasil dari pemodelan berupa unity check ratio
(UCR), defleksi struktur, gaya dalam balok dan pelat serta reaksi perletakan. 
Perencanaan struktur dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal dan 
handal sebagai acuna nilai UCR yang didapatkan tidak boleh melebih batas 
izin yaitu 1,0 dan pemeriksaan rasio pada tulangan balok dan pelat untuk 
menentukan luas penampang yang optimal struktur, dan juga memeriksa nilai 
defleksi yang menjadi aspek bahwa struktur mampu melayani beban-beban 
yang terjadi dengan nilai batasnya adalah dibawah batas izin.
Keluaran akhir dari Tugas Akhir ini adalah rancangan dermaga yang 
mencakup dimensi struktur dan dimensi elemen-elemen strukturalnya, rincian 
penulangan berdasarkan gaya-gaya dalam yang bekerja, serta kedalaman 
rencana tiang pancang yang mampu menahan reaksi perletakan struktur 
berdasarkan daya dukung tanah dari data geoteknik yang didapatkan.
 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050067 
			Keyword