(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Deformasi Fender Terhadap Benturan Kapal di Makassar New Port


Sebagai salah satu sektor pendapatan terbesar menjadikan pelabuhan memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi karena dapat memberikan devisa yang besar bagi negara Indonesia. Seiring dengan meningkatnya arus pergerakan petikemas salah satunya di Makassar New Port menyebabkan menurunnya kualitas dari fasilitas pelabuhan terutama fasilitas sekitar dermaga yaitu fender. Tujuan dari studi ini untuk menganalisis deformasi yang terjadi pada fender sehingga didapatkan tingkat kelayakan fender. Fender merupakan salah satu bagian dari struktur dermaga yang berfungsi untuk meredam energi terhadap benturan kapal. Analisis pemodelan deformasi ini menggunakkan software Ansys FEM (Finite Element Method) diikuti dengan data pendukung, seperti data kondisi hidrooseanografi, dan data kapal yang diterapkan pada fender tipe V dengan beban terpusat oleh berthing energy. Fender tipe V dengan panjang 3000 m, lebar 1527 mm, dan tinggi 800 mm didesain berdasarkan elastomer sample Mooney Rivlin 2 parameter dengan besar force yang diterapkan yaitu 88.285 N yang berasal dari perhitungan berthing energy dan 90.137 N yang berasal dari perhitungan abnormal berthing energy. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah deformasi maksimum pada saat kondisi kapal normal sandar yaitu 39,638 mm dan 40,499 mm untuk kondisi kapal abnormal sandar, sehingga dapat dihasilkan bahwa struktur fender di Makassar New Port tidak mengalami kegagalan deformasi karena memenuhi batas izin deformasi fender.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050039

Keyword