Analisis Deformasi Fender Terhadap Benturan Kapal di Makassar New Port
Sebagai salah satu sektor pendapatan terbesar menjadikan pelabuhan
memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi karena dapat
memberikan devisa yang besar bagi negara Indonesia. Seiring dengan
meningkatnya arus pergerakan petikemas salah satunya di Makassar New
Port menyebabkan menurunnya kualitas dari fasilitas pelabuhan terutama
fasilitas sekitar dermaga yaitu fender. Tujuan dari studi ini untuk
menganalisis deformasi yang terjadi pada fender sehingga didapatkan tingkat
kelayakan fender. Fender merupakan salah satu bagian dari struktur dermaga
yang berfungsi untuk meredam energi terhadap benturan kapal. Analisis
pemodelan deformasi ini menggunakkan software Ansys FEM (Finite
Element Method) diikuti dengan data pendukung, seperti data kondisi hidrooseanografi, dan data kapal yang diterapkan pada fender tipe V dengan beban
terpusat oleh berthing energy. Fender tipe V dengan panjang 3000 m, lebar
1527 mm, dan tinggi 800 mm didesain berdasarkan elastomer sample Mooney
Rivlin 2 parameter dengan besar force yang diterapkan yaitu 88.285 N yang
berasal dari perhitungan berthing energy dan 90.137 N yang berasal dari
perhitungan abnormal berthing energy. Hasil yang didapat dari penelitian ini
adalah deformasi maksimum pada saat kondisi kapal normal sandar yaitu
39,638 mm dan 40,499 mm untuk kondisi kapal abnormal sandar, sehingga
dapat dihasilkan bahwa struktur fender di Makassar New Port tidak
mengalami kegagalan deformasi karena memenuhi batas izin deformasi
fender.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050039
Keyword