RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MENGUKUR KETINGGIAN GELOMBANG AIR LAUT DENGAN METODE WATERFALL ITERATIVE MODEL
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah
aplikasi mobile berbasis Android untuk mengukur ketinggian
gelombang air laut dengan menggunakan metode Waterfall Iterative
Model dan algoritma Triple Exponential Smoothing. Metode
pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall
Iterative Model dan aplikasi diimplementasikan dengan menggunakan
bahasa pemrograman Java dan platform Android Studio. Pengujian
menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat mengukur
ketinggian gelombang air laut dengan akurasi tinggi dan memiliki fitur
untuk menyimpan data pengukuran dan melihat riwayat pengukuran.
Kontribusi utama dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi
mobile yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas
kegiatan maritim di Indonesia dengan menggunakan metode Waterfall
Iterative Model dan algoritma Triple Exponential Smoothing.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050025
Keyword