(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Tingkat Kepuasan Pelanggan Rumah Tangga Terhadap Pelayanan PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung


Peningkatan jumlah penduduk Kota Bandar Lampung beriringan dengan peningkatan kebutuhan akan air bersih baik pada sektor industri maupun pada kebutuhan rumah tangga. Bertumbuhnya kebutuhan air bersih di Kota Bandar Lampung diharapkan diimbangi oleh penyediaan air yang memadai. Penyedia air bersih di Kota Bandar Lampung salah satunya yaitu PDAM Way Rilau dimana PDAM merupakan penyedia layanan publik. Kepuasan pelanggan terhadap penyedia layanan publik dianggap penting karena dapat digunakan sebagai bentuk pengukuran keberhasilan pelayanan publik, tingkat kepuasan pelanggan ini berkedudukan pada evaluasi di proses perencanaan, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan pada perencanaan selanjutnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat kepuasan pelanggan rumah tangga terhadap pelayanan PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung sebesar 78,2% yang menunjukan para pelanggan rumah tangga puas terhadap pelayanan PDAM, namun terdapat tiga indikator yang tidak puas yaitu kestabilan mutu air, kontiniuitas air, dan peralatan serta perlengkapan. Berdasarkan hal tersebut PDAM sebagai pihak penyedia layanan dapat melanjutkan serta meningkatkan pelayanan pada ketiga indikator tersebut.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2306050021

Keyword