ANALISIS SENTIMEN UNTUK USULAN PRIORITAS PERBAIKAN PELAYANAN DAN FASILITAS BERDASARKAN MEDIA SOSIAL MINING  DI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA
		
		
		
			ABSTRAK
Kebebasan beropini menjadikan seseorang dengan leluasa untuk mengekspresikan dirinya melalui tulisan. Sebagai media sosial yang dapat memfasilitasi hal tersebut, Twitter dipakai oleh pengembang untuk memanfaatkan opini sebagai alternatif baru dalam upaya pengumpulan data. Berdasarkan demikian, penelitian ini menawarkan model evaluasi pelayanan universitas dalam bentuk analisis sentimen yang dibaurkan dengan frequent wordcloud untuk mengidentifikasi root cause terjadinya sentimen negatif terhadap pelayanan universitas sehingga bisa digunakan untuk perbaikan pelayanan dan fasilitas di kampus ITERA. Pendekatan yang dipakai berupa data mining dengan memanfaatkan prosedur pada model algoritma Support Vector Machine (SVM). Hasil penelitian menunjukan bahwa sentimen negatif lebih dominan dengan persentase sebesar 35%, diikuti dengan sentimen netral 34 
			URI 
			
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2305180005 
			Keyword