(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Cross-selling dan Promosi Produk Berbasis Association Rule dan Wordcloud-Semantic Similarity pada KL Coffee Indonesia


Banyaknya industri coffeeshop di Bandar Lampung mengakibatkan adanya persaingan bisnis sehingga coffeeshop tersebut harus mampu bersaing dengan kompetitornya untuk mendapatkan pelanggan, salah satunya ialah KL Coffee Indonesia. Strategi yang dapat dilakukan KL Coffee Indonesia adalah melakukan penawaran dan promosi produk yang dimiliki. Penentuan penawaran dan promosi produk yang dilakukan oleh KL Coffee Indonesia masih berdasarkan persepsi dari manajemen serta KL Coffee Indonesia juga kesulitan dalam menentukan produk yang harus dijual pada saat perayaan-perayaan tertentu, sedangkan KL Coffee Indonesia memiliki data historis transaksi dan sosial media yang dapat digunakan untuk menentukan strategi analitik penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang cross-selling dan promosi produk menggunakan association rule dan wordcloud-semantic similarity. Data yang digunakan dalam proses association rule ialah data historis transaksi, sedangkan media sosial yang digunakan yakni twitter. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan cross-selling dan promosi produk dengan melakukan integrasi menggunakan association rule dan wordcloud dengan berlandaskan semantic similarity yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan penawaran dan promosi produk di KL Coffee Indonesia.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2304070003

Keyword