(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

STUDI STRUKTUR PONDASI TIANG PANCANG PADA JEMBATAN PULAU PASARAN


Kawasan Teluk Lampung terkenal dengan kegiatan di sektor bahari dan kegiatan pada sektor perikanan yang tinggi. Salah satu tempat yang terkenal pada Teluk Lampung dengan sektor perikanan yang tinggi adalah Pulau Pasaran. Pulau Pasaran dan Kota Bandar Lampung dihubungkan oleh sebuah jembatan. Namun dikarenakan beberapa faktor, terjadi kerusakan pada Jembatan Pulau Pasaran dan mempengaruhi aktivitas pada Pulau Pasaran sehingga pemerintah melakukan perbaikan pada jembatan tersebut. Dalam proses perbaikan jembatan dilakukan perhitungan besar beban aksial yang bekerja pada struktur jembatan, hasil analisis didapat bahwa beban yang diterima pada jembatan sebesar 22,07 kN untuk beban hidup, 30,72 kN untuk beban mati, dan beban gempa sebesar 4,30 KN. Pada perhitungan daya dukung tanah dengan metode Meyerhof diperoleh hasil tiang pancang persegi panjang sisi 25 cm dan lingkaran dengan diameter 30 cm mampu menopang beban jembatan pada kedalaman 5 meter dengan nilai daya dukung ijin masing-masing sebesar 83,71 kN dan 80,93 kN, dan untuk tiang pancang lingkaran dengan diameter 25cm mampu menahan beban jembatan pada kedalaman 5,5 meter dengan daya dukung ijin sebesar 77,13 kN dan nilai tahanan lateral ultimit pada tiang sebesar 4,75 kN. Setelah melakukan perhitungan RAB diperoleh besar biaya pada tiang pancang masing-masing adalah Rp 2.386.221.802,85 untuk tiang pancang persegi panjang sisi 25 cm, Rp 2.413.920.242,85 untuk tiang pancang lingkaran diameter 30 cm dan Rp 2.400.125.762,85 untuk tiang pancang diameter 25 cm. Sehingga berdasarkan analisis daya dukung tanah dan perhitungan RAB tiang pancang persegi panjang sisi 25 cm disarankan digunakan pada pembangunan Jembatan Pulau Pasaran.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180158

Keyword