(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN MOTOR SERVO SEBAGAI PENGGERAK PALANG PARKIR PADA AUTOMATIC LICENSE PLATE RECOGNITION (ALPRON)


Fasilitas parkir adalah lahan yang dibuat untuk tempat kendaraan dimana kondisi kendaraan yang tidak bergerak atau ditinggalkan oleh pengemudi dalam waktu sementara atau lama. Penggunaan lahan parkiran menjadi hal utama yang dicari pada pengguna kendaraan pribadi untuk mengunjungi suatu tempat. Pada jadwal tertentu tiap harinya keadaan parkiran akan sangat ramai. Penjagaan parkiran secara manual dalam keadaan ramai akan membuat penjagaan tidak maksimal karena harus menunjukkan surat-surat kendaraan untuk keluar dari parkiran agar tingkat keamanan di parkiran tersebut aman. Perangkat ALRPON ini dirancang untuk mengatasi permasalahan dengan cara meningkatkan sistem keamanan parkir yang ada. Perancangan perangkat ini memerlukan kendali motor servo untuk mengendalikan palang parkir sebagai salah satu bagian keamanan terpenting dalam perangkat ini. Penggunaan motor servo yang dihubungkan ke Raspberry Pi 4B dengan program yang dibuat menggunakan metode PWM untuk menggerakkan motor servo tersebut. Pada implementasi pengendalian motor servo sebagai penggerak palang memerlukan beberapa pertimbangan untuk mencapai keberhasilan perangkat bekerja. Penentuan motor servo yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan momen inersia dari palang yang dibuat dengan besar momen inersia 5.000g, motor servo harus mampu menggerakkan palang pintu parkir untuk membuka dan menutup palang dengan mengunakan servo MG 996R. Sistem harus mampu membuka dan menutup palang secara otomatis ketika kendaraan akan memasuki dan keluar dari parkiran. Setelah dilakukan penelitian, hasil sistem sudah bekerja sesuai dengan capaian yang ditentukan. Hasil dari percangan ini, motor servo mampu mengangkat palang parkir yang dibuat dengan kondisi palang tertutup sebesar 90° dan posisi terbuka 3°, untuk pengujian waktu didapatkan hasil waktu yang sama seperti program yang dibuat serta pengujian sinyal PWM menggunakan osiloskop memiliki nilai rata-rata duty cycle 10% untuk membuka palang dan 5% untuk menutup palang. Untuk sistem otomatis ketika pelat nomor sudah terdaftar maka secara otomatis membuka palang pintu parkir yang akan diberi tenggak waktu 6s sebelum menutup palang parkir kembali

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180099

Keyword