PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN MOTOR SERVO SEBAGAI PENGGERAK PALANG PARKIR PADA AUTOMATIC LICENSE PLATE RECOGNITION (ALPRON)
Fasilitas parkir adalah lahan yang dibuat untuk tempat kendaraan dimana
kondisi kendaraan yang tidak bergerak atau ditinggalkan oleh pengemudi dalam
waktu sementara atau lama. Penggunaan lahan parkiran menjadi hal utama yang
dicari pada pengguna kendaraan pribadi untuk mengunjungi suatu tempat. Pada
jadwal tertentu tiap harinya keadaan parkiran akan sangat ramai. Penjagaan parkiran
secara manual dalam keadaan ramai akan membuat penjagaan tidak maksimal
karena harus menunjukkan surat-surat kendaraan untuk keluar dari parkiran agar
tingkat keamanan di parkiran tersebut aman. Perangkat ALRPON ini dirancang
untuk mengatasi permasalahan dengan cara meningkatkan sistem keamanan parkir
yang ada. Perancangan perangkat ini memerlukan kendali motor servo untuk
mengendalikan palang parkir sebagai salah satu bagian keamanan terpenting dalam
perangkat ini. Penggunaan motor servo yang dihubungkan ke Raspberry Pi 4B
dengan program yang dibuat menggunakan metode PWM untuk menggerakkan
motor servo tersebut. Pada implementasi pengendalian motor servo sebagai
penggerak palang memerlukan beberapa pertimbangan untuk mencapai
keberhasilan perangkat bekerja. Penentuan motor servo yang digunakan
berdasarkan hasil perhitungan momen inersia dari palang yang dibuat dengan besar
momen inersia 5.000g, motor servo harus mampu menggerakkan palang pintu
parkir untuk membuka dan menutup palang dengan mengunakan servo MG 996R.
Sistem harus mampu membuka dan menutup palang secara otomatis ketika
kendaraan akan memasuki dan keluar dari parkiran. Setelah dilakukan penelitian,
hasil sistem sudah bekerja sesuai dengan capaian yang ditentukan. Hasil dari
percangan ini, motor servo mampu mengangkat palang parkir yang dibuat dengan
kondisi palang tertutup sebesar 90° dan posisi terbuka 3°, untuk pengujian waktu
didapatkan hasil waktu yang sama seperti program yang dibuat serta pengujian
sinyal PWM menggunakan osiloskop memiliki nilai rata-rata duty cycle 10% untuk
membuka palang dan 5% untuk menutup palang. Untuk sistem otomatis ketika pelat
nomor sudah terdaftar maka secara otomatis membuka palang pintu parkir yang
akan diberi tenggak waktu 6s sebelum menutup palang parkir kembali
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180099
Keyword