(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS PERCEPATAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE CPM DAN PERT PADA PROYEK LAPANGAN PENUMPUKAN PELABUHAN PANJANG


Pelabuhan Panjang sedang mengembangkan infrastruktur pelabuhan salah satunya lapangan penumpukan demi menunjang kegiatan yang berada di Pelabuhan Panjang. Pelabuhan Panjang sendiri merupakan salah satu pelabuhan besar di Indonesia. Kegiatan ekspor-impor dan kegiatan domestik yang berjalan keluar-masuk di pelabuhan panjang memerlukan lapangan penumpukan yang memadai untuk menampung barang tersebut sebelum dikeluarkan. Untuk itu pembangunan lapangan penumpukan Pelabuhan Panjang sangat penting untuk selesai tepat waktu atau lebih cepat dan tidak mengalami keterlambatan. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis percepatan proyek dengan menggunakan metode penjadwalan Critical Path Method untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang berada di lintasan kritis dan Program Evalution and Review Technique mengetahui durasi proyek serta probabilitasnya dari estimasi 3 waktu yaitu waktu optimis, waktu pesimis, dan waktu realistis. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa terdapat 17 jalur atau lintasan kritis dengan durasi total 180 hari. Untuk analisis PERT didapat probabilitas dapat selesai tepat waktu 180 hari adalah 97,21%. Dan untuk analisis percepatan menggunakan metode Time Cost Trade OFF (TCTO) diketahui bahwa durasi dan biaya optimal proyek adalah 145 hari dengan biaya berkurang menjadi Rp 7.720.606.662,00 pada penambahan 2 jam lembur. Kata Kunci: Pelabuhan Panjang, Lapangan Penumpukan, Percepatan, Waktu, Biaya, Critical Path Method, Program Evaluation and Review Technique, Time Cost Trade Off

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180063

Keyword