(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERENCANAAN DERMAGA KAPAL PENUMPANG PELABUHAN CANTI


Pelabuhan canti merupakan pelabuhan tradisional untuk mengangkut orang dan barang. Bagi masyarakat desa Tejang, Pulau Sebesi dan Sebuku pelabuhan canti sarana yang sangat vital untuk keberlangsungan hidup mereka. Saat ini saat ini Pelabuhan Canti memiliki satu dermaga jetty konstruksi beton dengan kondisi kurang aman dan nyaman untuk dilalui serta lantai dermaga dari kayu dan juga tidak adanya fasilitas pelabuhan yang menunjang bongkar muat penumpang dan barang. Berdasarkan pernyataan sebelumnya, penulis akan melakukan perencanaan dermaga kapal penumpang bertipe jety pada pelabuhan canti yang bisa melayani kapal maksimal 3000 DWT serta dapat menahan beban-bedan yang diterima baik dari beban arah horizontal maupun beban arah vertikal. Tugas akhir ini mencakup penentuan dimensi dermaga, pengolahan data lingkungan, perhitungan beban pada dermaga, perhitungan daya dukung tanah, pemodelan struktur, dan desain penulangan struktur. Pada Tugas Akhir ini akan dibahas desain struktur berdasarkan The overseas Coastal Area Devolopment Institue of Jepang (OCDI) untuk menghitung layout dan dimensi dari struktur dermaga. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan (OCDI) menghasilkan elevasi dermaga sebesar +4,32 m pada kedalaman -5 m yang ditinjau dari Mean Sea Level (MSL). Selain itu juga didapatkan dimensi struktur dengan dimensi Loading Platform sebsar 114 x 10 m2 dan Trestle 100 x 7 m2 . Untuk ketinggian struktur sebesar 14,43 m yang akan dimodelkan dengan tiang pancang berdiameter 400 mm dan tebal 12 mm dan dipancang sedalam -16 m dibawah Seabed. Pada pembebanan menghasilkan beban sandar kapal sebesar 9,5 ton dan gaya tarik kapal sebesar 10,24 ton. Balok yang digunakan yaitu balok persegi dengan dimensi 60 x 40 cm2 dengan tulangan berdiameter 19 mm serta dimensi pelat sebesar 5 x 4 m2 dan ketebalan 300 mm, tulangan yang digunakan pada pelat berdiameter 12 mm dengan jarak tulangan 171 mm. pada penulangan balok dan pelat sudah memenuhi persyaratan bersarkan SNI 2847-2013 dan SNI 1729-2002, serta defleksi lateral dan aksial yang didapatkan tidak melebihi batas maksimal yang telah diatur berdasarkan pada SNI 1729-2002. Hasil akhir dari perencanaan dermaga berupa gambar detail engineering design 2D. Kata Kunci: Pelabuhan Canti, Kapal Penumpang, Jetty, OCDI, Pemodelan Struktur, Defleksi, SNI 2847-2013, 1729-2002.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180038

Keyword