PERENCANAAN DERMAGA KAPAL PENUMPANG PELABUHAN CANTI
Pelabuhan canti merupakan pelabuhan tradisional untuk mengangkut orang
dan barang. Bagi masyarakat desa Tejang, Pulau Sebesi dan Sebuku
pelabuhan canti sarana yang sangat vital untuk keberlangsungan hidup
mereka. Saat ini saat ini Pelabuhan Canti memiliki satu dermaga jetty
konstruksi beton dengan kondisi kurang aman dan nyaman untuk dilalui serta
lantai dermaga dari kayu dan juga tidak adanya fasilitas pelabuhan yang
menunjang bongkar muat penumpang dan barang. Berdasarkan pernyataan
sebelumnya, penulis akan melakukan perencanaan dermaga kapal
penumpang bertipe jety pada pelabuhan canti yang bisa melayani kapal
maksimal 3000 DWT serta dapat menahan beban-bedan yang diterima baik
dari beban arah horizontal maupun beban arah vertikal. Tugas akhir ini
mencakup penentuan dimensi dermaga, pengolahan data lingkungan,
perhitungan beban pada dermaga, perhitungan daya dukung tanah,
pemodelan struktur, dan desain penulangan struktur. Pada Tugas Akhir ini
akan dibahas desain struktur berdasarkan The overseas Coastal Area
Devolopment Institue of Jepang (OCDI) untuk menghitung layout dan
dimensi dari struktur dermaga. Berdasarkan hasil perhitungan dengan
menggunakan persamaan (OCDI) menghasilkan elevasi dermaga sebesar
+4,32 m pada kedalaman -5 m yang ditinjau dari Mean Sea Level (MSL).
Selain itu juga didapatkan dimensi struktur dengan dimensi Loading Platform
sebsar 114 x 10 m2
dan Trestle 100 x 7 m2
. Untuk ketinggian struktur sebesar
14,43 m yang akan dimodelkan dengan tiang pancang berdiameter 400 mm
dan tebal 12 mm dan dipancang sedalam -16 m dibawah Seabed. Pada
pembebanan menghasilkan beban sandar kapal sebesar 9,5 ton dan gaya tarik
kapal sebesar 10,24 ton. Balok yang digunakan yaitu balok persegi dengan
dimensi 60 x 40 cm2 dengan tulangan berdiameter 19 mm serta dimensi pelat
sebesar 5 x 4 m2 dan ketebalan 300 mm, tulangan yang digunakan pada pelat
berdiameter 12 mm dengan jarak tulangan 171 mm. pada penulangan balok
dan pelat sudah memenuhi persyaratan bersarkan SNI 2847-2013 dan SNI
1729-2002, serta defleksi lateral dan aksial yang didapatkan tidak melebihi
batas maksimal yang telah diatur berdasarkan pada SNI 1729-2002. Hasil
akhir dari perencanaan dermaga berupa gambar detail engineering design 2D.
Kata Kunci: Pelabuhan Canti, Kapal Penumpang, Jetty, OCDI, Pemodelan
Struktur, Defleksi, SNI 2847-2013, 1729-2002.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180038
Keyword