(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERENCANAAN SEKOLAH SMA ISLAM BERASRAMA DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN PERILAKU MANUSIA


PERENCANAAN SEKOLAH SMA ISLAM BERASRAMA DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN PERILAKU MANUSIA Kansa Yurni Agita 24117009 Pembimbing 1 : Melati Rahmi Aziza, S.T.,M.T Pembimbing 2 : Yurim Hatamaiya Setyorini, S.T.,M.T ABSTRAK Sebuah yayasan Pendidikan berencana membuat sekolah islam dengan menggunakan konsep Boarding School, dalam rangka upaya memperbaiki sistem pendidikan serta sebagai langkah memperbaiki karakter generasi mendatang. Islamic Boarding School adalah suatu tempat yang memfasilitasi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dimana siswa-siswinya tinggal dan menetap di asrama. Selain itu, Islamic Boarding School juga sangat berpegang teguh dengan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari siswanya. Perancangan Sekolah SMA Islam ini diharapkan bisa menjadi sekolah percontohan bagaimana sistem Islamic Boarding School yang baik. Perencanaan dan Perancangan Tugas Akhir Proyek Al-Aqso Boarding School ini diasumsikan milik swasta yang akan dibangun di Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung, dengan luas lahan ±6.09 Ha. Pada umumnya, masyarakat sering kali menganggap bahwa sekolah berasrama islam sebagai sekolah yang kuno dan kurang fokus terhadap pembelajaran akademis siswa. Selain itu, kenakalan yang terjadi pada masa remaja juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan. Perancangan proyek ini dirancang menggunakan konsep pendekatan perilaku manusia. Pendekatan perilaku manusia dianggap dapat menjadi solusi dari isu-isu yang ada dalam perancangan proyek ini. Sekolah ini memiliki spesifikasi khusus yang akan mewadahi pengembangan bakat siswa disetiap bidang ilmu yang akan diambilnya. Beberapa ruangan khusus tersebut adalah asrama, sarana olahraga, dan ruang kesehatan. Sekolah ini dapat menampung 480 siswa dalam 6 kesatuan masa bangunan yang masing-masing masa bangunan memiliki 1-4 lantai. Proyek ini menggunakan Pendekatan Perilaku manusia yang difungsikan untuk membuat suatu komponen lingkungan terpadu yang dapat mengakomodasi kegiatan dan kebutuhan manusia dalam kawasan tersebut. Di sisi lain, diperlukan peran ruang utuk mendorong agar resolusi dan perilaku negatif dapat dikurangi maupun ditiadakan. Kata Kunci : Pendekatan Perilaku, Boarding School, Pendidikan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301180003

Keyword