(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI BERDASARKAN PERSEPSI PEDESTRIAN (STUDI KASUS: KORIDOR JALAN PERCETAKAN NEGARA II, KOTA JAKARTA)


Berjalan kaki merupakan suatu bentuk paling dasar dari transportasi, guna memanjakan para pejalan kaki pemerintah memberikan fasilitas jalur pejalan kaki agar pejalan kaki merasa aman dan nyaman saat berjalan. Namun jalur pejalan kaki masih sangat buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan preferensi pengguna, guna meningkatkan kinerja jalur pejalan kaki pada Jalan Percetakan Negara II. Penelitian ini menggunakan analisis Service Quality (GAP Analysis) untuk menilai tingkat kepuasan para pengguna terhadap fasilitas dan Importance Peformance Analysis (IPA) untuk mengetahui preferensi peningkatan fasilitas jalur pejalan kaki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa hampir seluruh dari fasilitas jalur pejalan kaki belum sesuai dengan pedoman acuan, kemudian berdasarkan hasil analisis Importance Peformance Analysis (IPA) menghasilkan lima atribut yang termasuk kedalam kuadran I dengan prioritas utama untuk ditingkatkan, yakni (X1) Lebar Jalur, (X7) Tempat sampah, (X11) Toleransi terhadap hak pejalan kaki, (X12) Kebersihan jalur pejalan kaki, dan (X13) Keberadaan PKL dan Parkir liar.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301170075

Keyword