(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DENGAN METODE MARKERLESS


Anak usia dini memiliki perkembangan yang cepat, sehingga penting bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan pembelajaran yang tepat agar kemampuan kognitif anak terus berkembang. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah dengan memberikan pembelajaran lingkungan alam, seperti hewan dan buah-buahan. Media pembelajaran yang tepat juga sangat penting dalam proses pembelajaran. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode markerless. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis iOS (mobile) dengan pendekatan augmented reality sebagai media pembelajaran kognitif anak usia dini serta melakukan pengujian terhadap aplikasi yang dikembangkan. Pada pengujian jarak 5cm – 100cm permukaan horizontal dapat terdeteksi dan menampilkan objek virtual. Pada pengujian cahaya pada keadaan remang-remang dan terang aplikasi dapat mendeteksi permukaan horizontal sedangkan pada keadaan gelap tidak terdeteksi dikarenakan minimnya pencahayaan sehingga mempengaruhi kinerja dari aplikasi. Pada pengujian jenis permukaan keramik berwarna putih aplikasi tidak dapat mendeteksi permukaan horizontal, sedangkan pada jenis permukaan keramik warna cokelat, keramik berwarna hitam, halaman berbatu, dan halaman rumah aplikasi dapat mendeteksi permukaan horizontal dengan pencahayaan yang baik. Pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale menghasilkan skor akhir 85 pada 9 responden yang terdiri dari orang tua dan mahasiswa sehingga aplikasi yang dikembangkan sudah layak untuk disebarluaskan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301160098

Keyword