(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kualitas Pelayanan Usaha Kuliner Kadai Chipitih Café-Resto dengan Menggunakan Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA)


Kualitas pelayanan merupakan hal penting bagi usaha kuliner seperti Kadai Chipitih Café-Resto. Berdasarkan ulasan pelanggan pada aplikasi google maps dan melalui wawancara yang dilakukan dengan karyawan ditemukan terdapat keluhan pelanggan terhadap pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan bagaimana kualitas pelayanan pada Kadai Chipitih Café-Resto serta memberikan saran perbaikan pada pelayanan yang memiliki prioritas tinggi untuk diperbaiki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah service quality (servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Servqual digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dan IPA digunakan untuk menetukan prioritas perbaikan layanan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan di Kadai Chipitih Cafe-Resto belum memuaskan pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai gap servqual adalah negatif. Terdapat tiga atribut dengan prioritas tinggi perbaikan berdasarkan metode IPA yaitu atribut BF1 (ruangan outdoor Kadai Chipitih Café-resto bersih), atribut BF4 (akses wifi di Kadai Chipitih Cafe-Resto lancar), dan atribut K4 (karyawan memberikan informasi dengan jelas). Saran perbaikan untuk atribut BF1 adalah dengan pemberian checklist kebersihan outdoor. Meningkatkan kecepatan Wi-Fi dan pemasangan stiker free Wi-Fi untuk mengatasi permasalahan atribut BF4. Saran perbaikan untuk untuk mengatasi permasalahan atribut K4 adalah dengan pemberian SOP pelayanan, serta menyarankan supaya karyawan menguasai FAQ, menjadi pendengar aktif, berbicara dengan baik, dan memperhatikan bahasa tubuh ketika berkomunikasi.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301160095

Keyword