Analisis Kualitas Pelayanan Usaha Kuliner Kadai Chipitih Café-Resto dengan Menggunakan Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA)
Kualitas pelayanan merupakan hal penting bagi usaha kuliner seperti Kadai
Chipitih Café-Resto. Berdasarkan ulasan pelanggan pada aplikasi google maps dan
melalui wawancara yang dilakukan dengan karyawan ditemukan terdapat keluhan
pelanggan terhadap pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan
bagaimana kualitas pelayanan pada Kadai Chipitih Café-Resto serta memberikan
saran perbaikan pada pelayanan yang memiliki prioritas tinggi untuk diperbaiki.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah service quality (servqual) dan
Importance Performance Analysis (IPA). Servqual digunakan untuk mengukur
kualitas pelayanan dan IPA digunakan untuk menetukan prioritas perbaikan
layanan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan di Kadai
Chipitih Cafe-Resto belum memuaskan pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai
gap servqual adalah negatif. Terdapat tiga atribut dengan prioritas tinggi perbaikan
berdasarkan metode IPA yaitu atribut BF1 (ruangan outdoor Kadai Chipitih Café-resto bersih), atribut BF4 (akses wifi di Kadai Chipitih Cafe-Resto lancar), dan
atribut K4 (karyawan memberikan informasi dengan jelas). Saran perbaikan untuk
atribut BF1 adalah dengan pemberian checklist kebersihan outdoor. Meningkatkan
kecepatan Wi-Fi dan pemasangan stiker free Wi-Fi untuk mengatasi permasalahan
atribut BF4. Saran perbaikan untuk untuk mengatasi permasalahan atribut K4
adalah dengan pemberian SOP pelayanan, serta menyarankan supaya karyawan
menguasai FAQ, menjadi pendengar aktif, berbicara dengan baik, dan
memperhatikan bahasa tubuh ketika berkomunikasi.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301160095
Keyword