(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Faktor Penentu Kepuasan Konsumen Pada Industri Layanan Makanan: Studi Kasus Pada Cafe Janji Jiwa Sukarame


Cafe Janji Jiwa merupakan salah satu industri makanan dan minuman yang mengalami persaingan yang semakin ketat dengan industri sejenisnya. Dalam menghadapi persaingan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran yang dapat mendorong peningkatan kepuasan konsumen untuk meningkatkan keuntungan bagi setiap bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterhubungan antara dimensi yang terdapat pada skala DinEX terhadap kepuasan konsumen Cafe Janji Jiwa. Adapun dimensi yang digunakan pada skala DinEX adalah food, service, atmosphere, social dan health. Masing-masing dimensi skala DinEX pada penelitian ini mempunyai tujuh item pernyataan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan gabungan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket kuesioner kepada konsumen di Cafe Janji Jiwa yang menggunakan skala likert sebagai pilihan tanggapan terhadap pernyataan angket kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Cafe Janji Jiwa dan pemilihan sampel dilakukan secara sengaja dan penentuan sampel dilakukan acak dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengujian data melalui uji validitas dan reliabilitas, serta metode SEM yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah variabel sosial tidak mempunyai hubungan terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel makanan, layanan, suasana dan kesehatan mempunyai hubungan secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301160078

Keyword