(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS PROSES BISNIS ADMINISTRASI PESERTA DIDIK BERBASIS METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) PADA BAGIAN KEUANGAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MARTANI


Banyaknya masyarakat yang putus sekolah dan tidak pernah bersekolah pada usia lanjut, mendaftar sebagai peserta didik PKBM Martani untuk memiliki ijazah pendidikan terakhir guna mendapatkan pekerjaan yang layak. Martani terletak di Desa Wonosobo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Pendirian PKBM dikarenakan banyaknya masyarakat yang membutuhkan pendidikan, sedangkan mengikuti pendidikan formal tidak termasuk dalam ketentuan. Permasalahan yang terjadi di PKBM Martani saat ini yaitu masih menggunakan cara manual untuk memuat daftar peserta didik aktif hingga biaya administrasi peserta didik, hal ini membuat kualitas kinerja yang ada kurang optimal dan tidak efektif. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Business Process Improvement (BPI). Penelitian ini penulis lakukan guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan di PKBM Martani, dan membuat sistem yang terintegrasi dalam proses bisnis yang sedang dijalankan dengan cara mengurangi dan merubah proses bisnis yang masih dilakukan secara manual. Jenis pelayanan yang diberikan menjadi indikator untuk penelitian ini. Output yang dihasilkan adalah peningkatan kualitas pelayanan untuk memudahkan pekerja dalam melakukan pekerjaannya, dan terciptanya sistem digital yang terintegrasi berupa website yang dirancang untuk proses bisnis yang berkaitan dengan administrasi pembayaran sekolah peserta didik PKBM Martani. Kata Kunci : BPI, Kualitas, Sistem Terintegritas.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301160051

Keyword