(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Pengaruh Kelebihan Muatan Terhadap Sisa Umur Jalan dan Lendutan (Studi Kasus: Simpang Pematang - Simpang Bujung Tenuk)


Jalan Lintas Sumatera segmen Simpang Pematang sampai Simpang Bujung Tenuk merupakan jalan lintas penghubung antar provinsi Lampung dan Sumatera Selatan. Seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi terjadi pertumbuhan kawasan industri yang berdampak pada penurunan kualitas jalan dan terhambatnya aktivitas lalu lintas dikarenakan beban yang diterima oleh konstruksi jalan melebihi dari beban rencana konstruksi jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis nilai CESAL dari data WIM, nilai Overlay dari data lendutan dan pengaruh pertumbuhan lalu lintas terhadap Remaining Service Life. Metode untuk menganalisis menggunakan perhitungan data WIM, data BB, nilai lendutan, nilai VDF, Overlay dan Remaining Service life serta memperoleh data WIM jalan lintas dan Data BB yang diperoleh dari Balai Pengelolaan Transportasi Darat dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional setelah dilakukan survei menggunakan alat ODDOL dan Benkelman Beam. Perhitungan nilai VDF, Overlay dan Remaining Service life mengikuti pedoman dari Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Hasil penelitian ini berupa nilai CESAL, analisis lendutan dan sisa umur jalan. Didapatkan hasil nilai CESAL Overload sebesar 73150051 dan CESAL Standart sebesar 8037445,7, analisis lendutan overlay sebesar 1,8 cm dengan konsisi penanganan rehabilitas minor dan sisa umur jalan 1,099 tahun dimana jalan tersebut akan menghambat lalu lintas dan susah untuk dilalui kendaraan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301140021

Keyword