(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KEINGINAN UNTUK DATANG KEMBALI: STUDI KASUS PADA KOPI KENANGAN RUKO CHANDRA TELUK BETUNG


Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh dimensi 7P terhadap kepuasan pelanggan dan keinginan konsumen untuk datang kembali pada Kopi Kenangan Ruko Chandra Teluk. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan skala linkert dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Instrumen pengolahan data menggunakan software statistik SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi 7P berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap CS serta dimensi 7P berpengaruh positif tetapi memiliki nilai signifikansi yang rendah terhadap RI. Hasil membuktikan bahwa CS berhasil memediasi hubungan tidak langsung antara dimensi 7P terhadap RI sehingga nilai signifikansi menjadi lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dimensi 7P memiliki hubungan langsung terhadap CS dan dimensi 7P tidak memiliki hubungan langsung terhadap RI serta CS dapat memediasi hubungan tidak langsung antara 7P terhadap RI. Implikasi dalam studi ini adalah Kopi Kenangan Ruko Chandra teluk lebih meningkatkan kinerja dan kecepatan karyawan dalam membuat produk minuman, mempertahankan kualitas minuman, dan menjaga kepercayaan serta kepuasan konsumen.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2301140018

Keyword